Satuan Menwa Pasopati UNY Batalion 2 Rayakan HUT Ke 45

1
min read
A- A+
read

Berbagai cara untuk merayakan sebuah peringatan hari ulang tahun, salah satunya yang dengan menggelar Upacara Peringatan. Bertempat di halaman depan Rektorat UNY, pada Selasa (17/10) Satuan Menwa Pasopati UNY Batalion 2 menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 45 yang dihadiri para Wira dan para Calon Menwa (Camen).

Menurut panitia, tema dari peringatan HUT Satuan Menwa Pasopati  UNY adalah “Peningkatan Prestasi Wira Satuan Menwa Pasopati dalam rangka mendukung PTN-BH UNY”. Keberadaan Menwa sangat penting di lingkungan kampus untuk membendung masuknya paham-paham luar yang berpotensi merusak ideologi Pancasila. Dalam melaksanakan perannya, anggota Menwa dilatih supaya terbentuknya sikap tegas, disiplin, dan punya daya juang, terutama dalam upaya peningkatan prestasi dan mendukung program-program universitas.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekretaris Direktorat AKA Prof. Dr. Guntur, M.Pd mewakili Rektor UNY. Dalam arahannya, inspektur upacara menyampaikan bahwa Resimen Mahasiswa sebagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) di perguruan tinggi, harus siap sedia untuk membantu terlaksananya pembinaan kesadaran Bela Negara serta kelancaran kegiatan dan program lainnya di perguruan tinggi.

“Peran serta para wira satuan Menwa Pasopati sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) sangat strategis dalam mendukung IKU UNY terutama kegiatan belanegara masuk pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai salah satu implementasi dari Semboyan Menwa Widya Castrena Dharma Siddha," kata Prof. Guntur.
 

IKU