PT Komatsu Indonesia Gandeng Universitas Negeri Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Di PT Komatsu Indonesia

PT Komatsu Indonesia menggandeng Universitas Negeri Yogyakarta dalam berbagai bidang. Hal ini diwujudkan dengan kunjungan UNY ke kantor PT Komatsu Indonesia Cibitung Plant, Bekasi, Jawa Barat. UNY mengutus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo didampingi Dekan Fakultas Teknik Prof. Herman Dwi Surjono, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Vokasi Dr. Sutopo, Sekretaris Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Kristiyono, MH, Kasi Kesejahteraan Mahasiswa Supriyono, S.IP, Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Cerika Rismayanthi, Kepala Divisi PI dan Magang Yosep Efendi, M. Pd serta sejumlah staf Pusat Karir dan Alumni.

Menurut Siswantoyo kunjungan ini adalah untuk memperkuat program internship, riset kolaborasi dan serapan lulusan. “Internship MBKM di perusahaan suplayer PT Komatsu Indonesia serta magang kependidikan untuk pengembangan Corporate University Komatsu” ungkapnya. Tindaklanjutnya adalah monev mahasiswa internship MBKM Batch 2, magang Corporate University Komatsu Batch 2 sekaligus persiapan mahasiswa MBKM dan magang Corporate University Komatsu Batch 3.

Manager HR PT Komatsu Indonesia Widiana, MBA mengatakan riset tema pendidikan untuk pengembangan Corporate University Komatsu dan Penelitian dan Pengembangan Program Kerjasama Komatsu dan SMK pada program Komatsu Class di SMK. Juga ada Riset Improvement Teknologi di bagian produksi PT Komatsu Indonesia dan Perusahaan Supplyer (PT. Cahaya Baja Kamindo, PT. Surya Agung Sentosa; PT. Inspirasi Kreasi Sejahtera; PT. Fusoh Tube Part Indonesia; PT. Metal Castindo Indonesia; dan lain-lain. “Tema riset keteknikan yang menjadi salah satu fokus utama Komatsu adalah pengurangan emisi karbon di lingkungan produksi” kata Widiana.

Alumni internship MBKM yang memenuhi kriteria akan direkrut sebagai Pegawai Komatsu. Mahasiswa yang sudah lulus seleksi G. Yudha Fatria Egiansyah (Teknik Mesin STR angkatan 2019). UNY akan melakukan monitoring pada G. Yudha Fatria Egiansyah agar menyelesaikan Tugas Akhir pada Maret 2023, dan segera mendapatkan SKL, agar bulan April 2023 sudah memenuhi syarat kualifikasi pendidikan bagi pegawai PT Komatsu Indonesia. Selain itu juga akan menguatkan jaringan alumni UNY di PT Komatsu Indonesia untuk membantu serapan lulusan.

Penulis : Dr. Cerika

Editor : Dedy

IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak