Profesor Nasrulloh, Dekan Baru FIKK yang Sukses Mengawal Rektor UNY Meraih Juara Umum LPTK Cup 2023

1
min read
A- A+
read

Menjadi manager dalam sebuah tim olahraga tidak gampang, sebab manager tim punya tugas melengkapi setiap kekurangan yang ada serta harus bisa mengatasi kendala teknis dan non teknis. Prof.  Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or., Dekan baru Fakultas Ilmu Keeolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang baru dilantik pada Jumat, 29 September 2023 berhasil membuktikan bahwa Ia adalah seorang manajer tim yang bertangan dingin karena mampu mengawal Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., yang memimpin kontingen dari UNY sehingga berhasil meraih Juara Umum pada LPTK CUP 2023 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM) pada 1- 4 Oktober 2023. 

Profesor Nasrulloh yang merupakan Guru Besar pada Prodi Ilmu Keolahragaan FIKK UNY serta Dekan termuda UNY saat ini, telah mengurus timnya dengan sangat baik melalui metode dan strategi yang tepat sehingga berhasil membuat para atlet yang berlaga menyumbangkan 11 medali dengan rincian 6 Emas, 1 Perak dan 4 Perunggu. 

Enam medali emas UNY pertama didapat dari cabang olahraga tenis meja yakni ganda putra oleh pasangan Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or. dan Hary Widodo,M.Pd., berikutnya Tunggal putra Hary Widodo, M.Pd., lalu pasangan Fadli Ihsan, M.Or. dan Rezha Arzhan Hidayat, M.Pd. berhasil menyumbangkan satu medali emas melaui cabang olahraga bulutangkis ganda putra prestasi. 

Tiga medali emas lainnya disumbangkan oleh cabang olahraga tenis lapangan. Pertama ganda putra eksekutif B pasangan Dr. R. Sunardianta, M.Kes., dan Dr. Abdul Alim, M.Or., lalu ganda campuran yang juga berhasil meraih medali emas berikutnya  yaitu pasangan Dr. Hari Yuliarto, M.Kes., dan Rekyan Woro Mulaksito Mulyadi, M.Pd. Terakhir, satu media emas kategori beregu prestasi yang diikuti sebanyak 7 atlet. 

Para atlet yang ikut berlaga dipertandingan ini adalah dosen- dosen di FIKK yang sudah menyelesaikan jenjang S3 dan sebagian sedang proses menyelesaikan program S3. 

Saat ini, dibawah kepemimpian Profesor Sumaryanto, secara akademik seluruh atlet muda berbakat didorong untuk dapat menyelesaikan studi S3nya dengan cepat dan tepat waktu. 

 Selain UNY, Pada LPTK Cup kali ini beberapa Perguruan Tinggi ikut hadir menjadi peserta yaitu Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Manado (Unima), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Universitas Cendrawasih (Uncen), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan adalah tenis lapangan, bulutangkis, tenis meja dan petanque. 

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Sudaryono

IKU