PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA UNY RAIH AKREDITASI UNGGUL

1
min read
A- A+
read

Kegiatan praktikum mekatronika

Peningkatan kualitas pendidikan terus menjadi fokus utama Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) dimana hal itu dibuktikan melalui pengakuan lembaga eksternal yakni Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Belum lama ini, salah satu program studi (prodi) di lingkungan FT UNY yakni Pendidikan Teknik Mekatronika menambah jajaran Prodi yang masuk kategori akreditasi unggul (setara dengan A) dari lembaga penjaminan mutu pendidikan tinggi tersebut berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 12811/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021 yang berlaku hingga Juni 2026. Menanggapi raihan itu, Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D menekankan tiga hal. “Pertama, akreditasi unggul ini merupakan hasil kolektif dengan berbagai pihak turut berkontribusi. Tidak hanya yang sekarang memegang amanah, namun juga para pendahulu sehingga semua pihak perlu diberikan apresiasi”, ungkapnya

Kedua, akreditasi menjadi bukti pengakuan pihak luar atas kualitas pendidikan di FT UNY secara umum dan Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika. Raihan ini kami anggap sebagai Amanah dan kepercayaan yang harus dijaga. Ketiga, akreditasi unggul ini juga salah satu kebijakan kampus merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Sigit Yatmono, M.T., berharap dengan status akreditasi yang diraih dapat makin membuka wawasan masyarakat umum, khususnya yang akan mengirimkan putra-putrinya melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi.. “Mudah-mudahahan dengan perolehan status unggul ini akan menaikkan minat siswa untuk belajar keilmuan Mekatronika,” sebutnya.

Namun demikian, berbagai capaian yang telah berhasil diraih tidak lantas membuat Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika berpuas diri dan mengabaikan tantangan ke depan. “Kami akan terus berusaha memperbaiki mutu penyelenggaraan prodi, karena bagaimanapun perkembangan zaman yang senantiasa dinamis harus selalu diantisipasi. Standardisasi prodi merupakan indikator yang paling tepat,” ujar Sigit.

Ia juga melihat raigan akreditasi ini bakal berdampak positif dalam meningkatkan motivasi mahasiswa dan mereka juga lebih percaya diri ketika lulus dan lebih mudah diterima di dunia kerja. Bahkan banyak lulusan yang sudah diterima kerja sebelum wisuda. (hryo)