PLURALISME WARNAI PERAYAAN DIES NATALIS PKNH

1
min read
A- A+
read
dies PKNH FIS

Ribuan penonton memadati auditorium UNY dalam acara LEG4TO yang digelar Rabu malam (28/11/2018) oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (PKnH) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY). Semua tumpah dalam suasana meriah tidak peduli asal mereka dari mana dan latarbelakang mereka seperti apa. Mereka semua bahagia dan merasa terhibur dalam acara LEG4TO. LEG4TO merupakan festival musik yang menjadi acara puncak perayaan Dies Natalis ke-55 Jurusan PknH FIS. Menurut Ketua Jurusan PKnH, Dr. Mukhamad Murdiono, S.Pd.,M.Pd. rangkaian kegiatan dies terdiri dari Seminar Nasional, Bakti Sosial, Lomba Olahraga, dan Lomba Menulis Gagasan (Lomegas). “Puncak kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan festival musik LEG4TO yang menghadirkan bintang tamu Fiersa Besari dan beberapa band lokal” imbuhnya.

Ketua Panitia kegiatan, Danang Hendra Prakoso menjelaskan bahwa acara LEG4TO bertemakan PLURALISME dibaca PLURAL-IS-ME yang artinya “plural itu saya”. Acara LEG4TO malam itu begitu ramai pasalnya jauh-jauh hari sebelum LEG4TO digelar seribu tiket lebih telah terjual dengan peminat yang beragam. “Tidak hanya itu, di luar auditorium juga tersedia stand-stand yang berjualan makanan dan aneka jajanan yang menambah kemeriahan acara tersebut” jelas mahasiswa PKNH.

Danang menambahkan, dengan mengusung tema tentang “Pluralisme” tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan masyarakat umum mengenai pentingnya mengembangkan sikap nasionalis dan patriotis serta menjaga Pancasila dan semangat pluralisme ditengah maraknya persoalan pluralisme. Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum kepada Masyarakat umum secara lebih luas dan mengembangkan potensi minat dan bakat mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum.

Lebih lanjut Danang menjelaskan bahwa acara dimulai dari sore hari sekitar pukul 16.00 WIB di awali dengan persembahan tari Sesonderan yang dibawakan oleh mahasiswi PKnH  yakni Afnike dan Garita. Setelah itu dilanjutkan pengumuman Lomba Menulis Gagasan (LOMEGAS) dan pemberian penghargaan Civic Award. Kemudian, penonton disuguhkan penampilan pamungkas dari Civicoustic angkatan 2018. Civicoustic merupakan grup band mahasiswa PKnH yang selalu ada penerusnya dari tahun ke tahun. “Acara lainnya yaitu penampilan civicoustic angaktan 2015, paradisso, GIE dan yang tentunya ditunggu yakni bintang utamanya yakni Fiersa Besari” tutupnya (Eko)