Perkuat Sinergitas Unsam Menuju Kemandirian

1
min read
A- A+
read

Prof. Soni Nopembri

Universitas Negeri Yogyakarta menjadi tamu kehormatan dalam acara puncak Dies Natalis ke-11 Universitas Samudra (Unsam). UNY yang diwakili oleh Prof. Soni Nopembri, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY menjadi keynote speaker dalam Orasi Ilmiah di Universitas Unsam yang bertempat di Aula Multiguna. Acara dihadiri oleh Pimpinan Unsam, jajaran OPD, tamu undangan, mahasiswa, serta delegasi UNY yang akan melaksanakan kegiatan pendampingan program Revitalisasi Perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor UNSAM Prof. Dr. Ir. Hamdani, M.T. memaparkan beberapa hal penting terkait dengan capaian prestasi UNSAM. Transformasi dari PTN Satker ke PTN BLU menjadi momen penting untuk memacu berbagai prestasi ke tingkat yang lebih tinggi di level nasional. Rektor juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran utusan UNY yang membersamai dalam agenda Dies Natalis ke-11 UNSAM.

Di sisi yang lain, dalam orasi ilmiahnya, Prof. Soni Nopembri, Ph.D. menyampaikan pentingnya penguatan program kelembagaan melalui Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (8 IKU) yang saat ini menjadi salah satu standar pencapaian kinerja universitas. “Sehingga, dalam penyusunan restra diharapkan sudah mengakomodasi pemenuhan IKU sebagai salah satu syarat luaran yang wajib dipenuhi” ujarnya.

Selanjutnya, rekognisi internasional juga menjadi parameter penting untuk peningkatan prestasi di level dunia. “Strategi yang dapat diterapkan adalah dengan mengusulkan program 5 in 1 yang didalamnya meliputi Visiting Professor, Joint research, Join publication, Staff/Student mobility, Join and curriculum” papar Soni. QS WUR, QS WUR by subject, THE, UI Green metric, serta yang lainnya menjadi sarana untuk dapat 'dilirik' oleh mahasiswa internasional untuk menempuh studi pada level sarjana ataupun pasca sarjana di Unsam di masa mendatang.

Sebagai penutup, Prof. Soni Nopembri mewakili Rektor UNY juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan diberikan oleh UNSAM, sehingga UNY dapat melaksanakan kegiatan pendampingan secara intensif dalam berbagai program. Beliau berpesan, Sinergi diperlukan untuk membangun Unsam yang berdikari merupakan tugas dan tanggung jawab sivitas akademika sebagai wujud atas kecintaan terhadap institusi

Penulis
Faqih Ma’arif Staf Ahli Bidang Akademik-UNY
Editor
Dedy