Perkuat Asia Timur, UNY Jalin Kerja Sama dengan PKNU dan TU

1
min read
A- A+
read

Rombongan Indonesia termasuk Ketua DPR RI di Korea

UNY menjalin kerja sama dengan Pukyong National University (PKNU) dan Tongmyong University (TU) Korea Selatan. Acara tersebut sekaligus dalam rangka menghadiri undangan atas anugerah gelar Doktor Honoris Causa bidang Ilmu Politik dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani yang digelar di College Theatre PKNU yang berada di Busan, Senin (7/11/2022).

Acara juga dihadiri oleh Presiden ke-5 RI sekaligus sang ibu, Megawati Soekarnoputri dan beberapa anggota DPR RI melakukan pertemuan dengan Rektor PKNU Prof Jang Young-soo. Selepas acara, perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dari delapan Universitas terkemuka di Indonesia menandatangani MoU secara bersama-sama. Dalam kesempatan yang lain, tamu undangan juga dipamerkan tentang kehebatan PKNU dalam mendesain kapal layar hasil karya dari mahasiswa mereka, yang berkolaborasi dengan Industri.

Lawatan hari berikutnya, delegasi UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Siswantoyo menghadiri jamuan dari Tongmyong University. Dalam pertemuan singkat tersebut, telah disepakati kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan SDM bagi kedua belah pihak. Dalam kesempatan yang lain, Siswantoyo juga berkesempatan untuk diskusi dengan Busan Indonesia Center. Beberapa hal yang telah disepakati diantaranya penguatan kerja sama antar perguruan tinggi untuk student mobility, dan riset di bidang sosial science serta engineering. “UNY sebagai jantung Indonesia, telah mengirimkan delegasi untuk PKNU dan mahasiswa untuk belajar serta terus memperkuat kerja sama di bidang riset serta inovasi. Duta Besar Indonesia Untuk Republik Korea Selatan, yang diperkuat oleh Atdikbud KBRI Seoul siap mendukung dan mengembangkan sayap kerja sama yang implementatif dengan Universitas di Korea Selatan” kata Siswantoyo. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY khususnya Kerjasama Luar Negeri.

Puan Maharani merasa bangga dapat hadir menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama pendidikan antara perguruan tinggi di Indonesia dan PKNU. Menurutnya, kerja sama antara perguruan tinggi antar negara merupakan hal yang semakin berkembang pesat saat ini. “Dunia pendidikan tidak saja merupakan urusan domestik semata, namun sudah menjadi bagian kerja sama antar negara. Kolaborasi perguruan tinggi antar negara dapat berkontribusi untuk  meningkatkan mutu perguruan tinggi dan kualitas sumber daya manusia suatu negara,” kata Puan. Ketua DPR RI tersebut berharap agar kerja sama pendidikan ini dapat berkontribusi mengatasi berbagai tantangan global yang dihadapi umat manusia seperti mengatasi dampak perubahan iklim, mengembangkan energi baru dan terbarukan, upaya mengatasi pandemi, dan mengembangkan teknologi digital yang terjangkau.

Selain dengan UNY, PKNU juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan perguruan tinggi lain yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Mataram, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Pattimura.

Editor : Dr. Eng. Faqih Ma'arif

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia