Perjuangan Gadis Kembar Dalam UTBK-SNBT

1
min read
A- A+
read

Wajah sumringah terlihat dari wajah sepasang gadis yang baru selesai mengerjakan tes UTBK SNBT. Mereka adalah Zahra Damayanti dan Zahda Widayanti. Gadis kembar alunmi SMAN 2 Purworejo tersebut mendapatkan lokasi UTBK di Layanan Internet Mahasiswa UNY (Limuny).

Menurut Zahra Damayanti persiapan yang dilakukan dalam menempuh UTBK ini diantaranya belajar tentang materi soal UTBK yang belum dikuasai. “Penalaran matematika dan pengetahuan kuantitatif itu saya rasa sulit sehingga saya belajar tentang apa yang menjadi keunggulan saya” ujar Zahra. Sedangkan Zahda Widayanti mengatakan persiapan yang dilakukan lebih banyak mengikuti try out. “Kebetulan sekolah juga menyediakan fasilitas itu” kata Zahda. SMAN 2 Purworejo setiap minggunya juga membahas pengetahuan kuantitatif dan penalaran matematika.

Putri pasangan Suharmanto dan Nur Handayani tersebut menuturkan, apabila kemungkinan terburuk mereka tidak diterima SNBT maka mereka tidak mau menganggur, melainkan akan ikut kegiatan seperti les Bahasa Inggris, kursus atau belajar tentang materi pelajaran sembari menunggu pelaksanaan UTBK tahun depan. Zahra dan Zahda menuturkan bahwa kedua orang tuanya mendukung keinginan studi lanjut dengan membebaskan untuk memilih perguruan tinggi dan jurusan yang disukai, yang penting bisa jaga diri.

Gadis kembar kelahiran 20 Agustus 2005 tersebut berharap dapat diterima pada salah satu perguruan tinggi pilihannya dalam UTBK dan keikutsertaannya dalam SNBP ini mendapat pengalaman baru dengan bertemu dengan banyak orang di luar tempat tinggalnya di Purworejo, Jawa Tengah.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM