PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNP KKL DAN DISKUSI BERSAMA DI FIS UNY

1
min read
A- A+
read

PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNP KKL DAN DISKUSI BERSAMA DI FIS UNY

Tenaga pengajar di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) terdiri dari 89 Dosen PNS dan 14 Dosen kontrak. Dari keseluruhan jumlah dosen, 34 bergelar Doktor dan 55 bergelar Magister. Saat ini 31 Dosen yang bergelar Magister sedang Menempuh studi S3 sehingga diharapkan 3 tahun kedepan 75% dosen FIS sudah bergelar Doktor. Demikian dikatakan oleh Dekan FIS UNY, Dr. Suhadi Purwantara, M.Si., saat menyampaikan sambutan selamat datang dalam kegiatan KKL Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Padang (UNP) pada hari Jumat (29/11/2019) di Ruang Ki Hajar Dewantara FIS UNY. Adapun peserta KKL dari FIS UNP berjumlah 130 Mahasiswa dan 10 Dosen.

Suhadi menambahkan bahwa selain tenaga pengajar yang memadai, FIS juga didukung oleh fasilitas seperti laboratorium pada masing-masing prodi, lingkungan yang bersih dan asri dengan pepohonan yang hijau sehingga membuat mahasiswa nyaman untuk belajar di FIS UNY.

Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Pendidikan Sejarah FIS UNP, Dr. Rusdi, M.Hum, mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya ke FIS UNY yaitu melakukan KKL terintegrasi Pendidikan Sejarah bagi mahasiswa angkatan 2016. “Adapun materi KKL meliputi Historiografi, Sejarah Hindu-Budha (Prambanan dan Borobudur) dan Prasejarah (Sangiran)” imbuhnya

Lebih lanjut Dr. Rusdi, M.Hum menjelaskan bahwa selain KKL, rombongan dari FIS UNP juga bermaksud untuk berdiskusi tentang pengelolaan laboratorium, strategi percepatan kelulusan mahasiswa, publikasi artikel jurnal dan kegiatan akademik lainnya.

“Kami ingin adanya perjanjian kerjasama dengan Pendidikan Sejarah FIS UNY untuk melakukan kegiatan akademik misalnya kerjasama publikasi artikel jurnal sehingga artikel dosen FIS UNP dapat diterbitkan di Jurnal Pendidikan Sejarah FIS UNY atau sebaliknya” tutur Rusdi

Pada kesempatan tersebut Rusdi juga mengungkapkan bahwa kedatangannya juga bertujuan untuk menimba ilmu mengenai strategi yang diterapkan oleh Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY agar mahasiswa dapat lulus dengan cepat. “Kami tertarik dengan kecepatan lulus para mahasiswa FIS UNY dengan rata-rata lulus 4 tahun dan 6 bulan. Semoga kami dapat belajar kiat-kiat atau program-program yang dapat mendorong mahasiswa kami lulus dengan cepat”paparnya.

Kaprodi Pendidikan Sejarah FIS UNY, Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd. menyambut baik kegiatan KKL dan diskusi bersama tersebut. Ia juga mendukung segala kemungkinan kerjasama antara FIS UNP dan FIS UNY. (Eko)