Pemerintah Kota Yogyakarta Kolaborasi dengan UNY Kembangkan Sister City Melalui Program Magang Mahasiswa

Mahasiswa UNY magang di Pemkot

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berupaya meningkatkan dan menguatkan kerja sama dengan berbagai mitra Luar Negeri. Salah satunya adalah kerja sama Program Kota Bersaudara (Sister City). Saat ini Pemkot Yogyakarta sedang mengembangkan project perluasan Sister City dengan 4 kota di Luar Negeri, yaitu (1) Hluboká Nad Vltavou, Republik Ceko, (2) Varaždin, Republik Kroasia, (3) Guanajuato, Republik Meksiko, Dan (4) Kota Tacoma, Amerika Serikat. Selain 4 kota tersebut, Pemkot Yogyakarta juga akan meluaskan cakupan mitra luar negeri yang potensial. Untuk mensukseskan Program Sister City, Pemkot Yogyakarta telah menyusun berbagai strategi dan menggandeng banyak mitra, salah satunya UNY melalui Program Magang Mahasiswa.

Bentuk dukungan UNY pada Program Sister City adalah dengan menugaskan 24 mahasiswa untuk magang di Pemkot Yogyakarta. Mahasiswa tersebut berasal dari 7 program studi, yaitu Teknologi Informasi, Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris. “Tujuan utama kerja sama kota bersaudara adalah untuk meningkatkan awareness wisatawan mancanegara tentang daya tarik Kota Yogyakarta” ungkap Putut Purwandono, S.E., M.Sc., Plt. Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Pemkot Yogyakarta, saat acara Serah Terima dan Onboarding 24 mahasiswa magang dari UNY di Balai Kota Yogyakarta pada Rabu, 16 Oktober 2024. “Output kegiatan Magang Tematik Sister City ini antara lain adalah Riset media online, Desain Website, Booklet, Buletin dan Medsos serta Alih Bahasa” imbuhnya. Dengan berbagai kompetensi yang dimiliki para mahasiswa magang dari 7 program studi, diharapkan dapat saling kolaborasi untuk menguatkan Sister City sebagai bagian International Marketing Pemkot Yogyakarta.

Program magang mahasiswa UNY di Pemkot Yogyakarta dilaksanakan selama sekitar 3 bulan (Oktober – Desember 2024), mulai dari persiapan hingga evaluasi akhir. Mahasiswa magang secara rutin akan mempresentasikan hasil project mingguan (weekly report) dihadapan perwakilan Pemkot Yogyakarta, untuk mendapatkan berbagai masukan demi perbaikan berkelanjutan. “Berbagai project yang dikerjakan untuk mendukung Program Sister City Kota Yogyakarta ini, tentu akan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa, serta memperkaya portofolio mahasiswa” ungkap Ir. Yosep Efendi, M.Pd, selaku Kepala Divisi Praktik Industri dan Magang UNY, yang menyerahkan mahasiswa magang di Pemkot Yogyakarta.

Penulis
Ir. Yosep Efendi
Editor
Dedy
Kategori Humas
MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat