PELANTIKAN ORGANISASI MAHASISWA UNY

1
min read
A- A+
read

Pelantikan pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Negeri Yogyakarta

Pelantikan pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Negeri Yogyakarta, digelar di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Selasa (21/1). Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan UNY, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta para dosen pembimbing ormawa. Acara pelantikan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa yang menjadi pengurus ormawa di lingkungan UNY, diantaranya Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Bayu Septian, Ketua DPM Zanna Anggis Aprillya Saputri dan 40 unit kegiatan mahasiswa lainnya.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa secara resmi melantik seluruh pengurus Ormawa dengan terlebih dahulu melakukan pembacaan surat keputusan pengangkatan organisasi mahasiswa. Dalam arahannya Rektor mengatakan bahwa organisasi kemahasiswaan sebagai ujung tombak manajemen pelaksanaan kegiatan. Fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi menjadi instrumen untuk pelaksanaan kegiatan. “Dalam proses itu dibutuhkan leadership” kata Sutrisna Wibawa “Leadership masa kini bersinergi antara perkembangan masa depan, situasi dan kondisi yang dihadapi serta substansi apa yang akan dikerjakan”. Rektor juga menyampaikan bahwa kegiatan kemahasiswaan merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang akan membekali mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan UNY. Harapannya setiap mahasiswa UNY dapat mengikuti setidaknya satu kegiatan kemahasiswaan sehingga lulusan kedepannya dapat memiliki dua kompetensi yaitu kemampuan dalam program studinya dan kemampuan yang diperoleh dalam kegiatan kemahasiswaan. Rektor juga mengajak para mahasiswa untuk meningkatkan kualitas dengan bekerja keras untuk menghadapi masa depan.

Ketua BEM terpilih, Bayu Septian mengatakan bahwa BEM KM UNY 2020 mengangkat Grand desain Kerabat Inspirasi yang merupakan sebuah singkatan dari Kreatif, Responsif, dan Bersahabat serta berusaha menjadi dan menciptakan sosok Inspiratif bagi mahasiswa dan masyarakat secara umum. “Tugas pokok dan fungsi BEM KM UNY tahun ini menjadi 4 bagian arah gerak yaitu Kaderisasi, Advokasi, Pergerakan, dan Pengabdian” katanya. Untuk menjalankan itu semua BEM KM UNY tahun ini mempunyai 14 bidang dengan tupoksinya masing-masing untuk membantu mensukseskan visi-misi yang dicanangkan dan membangun Universitas Negeri Yogyakarta menjadi lebih hebat lagi. Wakil Ketua BEM Rofida Qonita mengatakan ada 4 program unggulan yang akan dijalankan oleh Kabinet Kerabat Inspirasi tahun ini, yaitu Kerabad (Kenal Erat Bareng Ormada), Aplikasi Advokasi terpadu UNY Smart Campus, Jendela Isu, dan PDKT (Pelatihan Dasar Kepemimpinan Terpadu).

Kegiatan pelantikan ormawa diakhiri dengan jabat tangan dan pemberian ucapan selamat dari para pejabat UNY. (Dedy)