Muhamad Ichsan Sabillah Wisudawan Program Doktor Termuda yang Raih Predikat Summa Cumlaude dan Miliki 14 Scopus

1
min read
A- A+
read

Pada wisuda UNY yang digelar 25 Mei 2024 di Gedung Olahraga (GOR) UNY,  salah satu wisudawan yaitu Dr. Muhamad Ichsan Sabllah, S.Or., M.Or. dari Prodi Ilmu Keolahragaan (IK) Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNY, berhasil meraih predikat Summa Cumlaude dengan IPK 4.00.

Selain meraih predikat Summa Cumlaude Ichsan yang lahir di Pasar Baru pada 3 Januari 1998 juga menjadi mahasiswa lulus program doktor termuda pada wisuda periode kali ini.

Ichsan yang mengangkat judul disertasi “Efek Perbedaan Latihan Bulgarian Bag dengan Irama Gerakan Terhadap Power Otot Ditinjau dari Kekuatan Otot dan Kecepatan Reaksi” dibawah bimbingan Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. (Promotor) dan Prof. Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or., berhasil menyelesaikan masa studinya hanya dalam waktu 2 tahun 6 bulan.

Pria berusia 26 tahun ini bercita-cita setelah lulus menjadi seorang dosen dan peneliti ternyata juga sudah memiliki 14 artikel yang  terindek Scopus. Ia mengatakan bahwa tujuannya rutin menulis di jurnal Scopus adalah untuk mengembangkan ilmunya dan meningkatkan reputasi kampus di kancah Internasional dalam bidang riset.

“Tujuan saya rutin menulis di jurnal Scopus adalah untuk mengembangkan ilmu keolahragaan yang nantinya artikel saya dapat digunakan sebagai referensi bagi penulis selanjutnya baik itu dari kalangan akademisi, pelatih, serta peneliti,” kata Ichsan.

Ia juga memberikan tips agar artikel bisa tembus di jurnal Scopus antara lain, mengenali jurnal yang akan dituju, menyesuaikan template dari jurnal tersebut, dan pilih jurnal yang memiliki jumlah terbitan banyak dalam satu tahun.

Ichsan yang dulu lulus S1 meraih predikat Cumlaude dan S2 juga berhasil meraih predikat Summa Cumlaude menyampaikan pesannya kepada para mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan studinya agar tetap optimis, fokus, dan memberikan dedikasi terbaiknya.

“Sesibuk apapun, jangan lupa kewajiban kita sebagai mahasiswa menyelesaikan tugas akhir, minimal kita bisa menyicil menulis 10 hingga 15 lembar setiap minggunya,” kata Ichsan.

Penulis
Khairani Faizah
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU