Mobo-Evo Raih Juara 2 Nasional Kontes Robot Sepak Bola Beroda Indonesia Tahun 2024

1
min read
A- A+
read

Tim Mobo-Evo

Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional tahun 2024 telah dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Universitas Muhammadiyah Solo. Kegiatan ini berlangsung dari 1 Juli - 6 Juli 2024 yang dilaksanakan secara offline di Universitas Muhammadiyah Surakarta. UNY sendiri mengikuti tujuh kategori dikontes ini, yaitu Tim Mobo-Evo (KRSBI-Beroda), Tim Gareng Punk (KRSI), Tim Al-‘Adiyaat dalam (KRSBI-Humanoid), Tim Maestro-Evo (KRAI), Tim Abhinaya (KRTMI), Tim Mavis (KRBAI) dan Tim Rosemery (KRSTI).

Divisi KRSBI Beroda yang mana merupakan salah satu kategori dengan mengadopsi pertandingan sepak bola robot Tingkat Internasional RoboCup Middle Size League yang diselenggarakan sejak 1997. Sedangkan pada KRI Nasional tahun ini tim MOBO-EVO UNY bersaing dengan 12 tim terbaik se Indonesia. Pengembangan kemampuan tim MOBO-EVO UNY dalam mekanika, manufaktur, elektronika, pemograman, articial intelligent, image processing, komunikasi digital, dan strategi pada robot yang baik telah mengantarkan pada diraihnya Juara Kedua Nasional Kontes Robot Sepak Bola Beroda (KRSBI-Beroda).

Dias selaku ketua menyampaikan rasa syukur pada pertandingan Kontes Robot Indonesia 2024 “Tim MOBO-EVO sangat bersyukur dengan hasil yang diraih masih bisa mempertahankan prestasi, dan sebagai acuan untuk meningkatkan prestasi tahun selanjutnya. Usaha yang dilakukan dan doa yang tiada henti tidak mengkhianati hasil dan memberikan semangat untuk terus riset teknologi yang lebih terbaru. Dari hasil yang didapatkan tim sangat berterima kasih atas semua dukungan dan doa dari orang tua, orang terdekat, dosen pembimbing serta seluruh keluarga MOBO-EVO” ujarnya. Sementara Daffa selaku Motion Programmer mengungkapkan rasa syukur atas kerja keras semua orang dalam tim. “Meskipun banyak tantangan untuk tahun ini tapi alhamdulillah bisa mempertahankan hasil dan terus mengusahakan untuk ditahun depan menjadi juara 1 Nasional” katanya. Pada tahun ini dapat menyumbangkan medali untuk UNY dan mengantarkan UNY menjadi Juara Umum 2 di tingkat Nasional tahun 2024. Semoga tahun 2025 bisa mendapatkan juara umum di Kontes Robot Indonesia 2025

Tim MOBO-EVO dengan dosen pembimbing Sigit Yatmono, S.T., M.T., beserta 22 Mahasiswa aktif dari berbagai jurusan, yakni Dias Djati Ababil (Ketua), Fathonah Utami Ningsih, Dina Damayanti (Manager), Wahyu Adji Agus Saputra, Daffa Agil Ma'ruf, Gilang Henry Gunawan, Toby Averous (Motion Programmer), Galih Masykur Aditama, Ferri Abhirama Putra (Communication Programmer), Dimas Pradana, Dias Djati Ababil, Hanif Yoga Umbara, Muh Sigit Putra Giantara, Dwi Anneck Rahmawati, Bagus Fahmi Anwari, Adityarafi Hendri Pratama (Mechanic) dan Tulus Setiawan, Tomi Aditya, Fauzan, Rizka Nandya Septian, Anang Firmansyah, Ugik Firmana Kurniawan, Muhammad Rizqy Ramadhan (Electronic).

Penulis
Dina Damayanti
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat