MENPORA HADIRI RAKERNAS ISORI DI UNY

1
min read
A- A+
read

MENPORA HADIRI RAKERNAS ISORI DI UNY

“Selama ini olah raga belum ditempatkan sebagai hal yang utama dalam pembangunan. Ibarat makanan, olahraga sampai saat ini belum menjadi menu utama. Untuk itu yang harus dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran bahwa orang harus berolahraga,  karena dengan olah raga imunitas bisa naik.” Demikian sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI (Menpora) Dr. H. Zainuddin Amali, M.Si. pada pembukaan Rakernas ISORI (Ikatan Sarjana Olah Raga Indonesia) yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Rektorat, Kamis (29/4).

Lebih lanjut Zainuddin Amali menyampaikan sejak 76 tahun merdeka, Indonesia belum mempunyai grand design tentang bidang olahraga. Padahal olah raga merupakan pondasi awal pembentukan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka mulai tahun ini Kemenpora sudah mulai menyusun rancangan program-program besar untuk jangka waktu 100 tahun, mulai dari pembudayaan olah raga, sehingga prestasi olahraga tanah air dapat kembali berjaya.

Pesan Menpora kepada Ketua Umum ISORI berharap supaya sarjana olahraga (ISORI) sejajar meningkat ketenarannya. Mirip IDI ISEI dan lain sebagainya. Sampai saat ini eksistensi ISORI di masyarakat belum dirasakan. Meskipun demikian pihaknya meminta jajaran pengurus menjadikannya sebagai sebuah tantangan agar ISORI harus mampu sejajar dengan sarjana lain. Awal kebangkitan dimulai dengan membangun sumberdaya. Konsolidasi sampai daerah baru dan lama. “Bikin program yang dilakukan bersama. Bukan eksklusif melingkupi keberadaannya. Kelihatan sederhana tapi full penggunaannya. Bekerjasama dengan dinas pariwisata, dll” pinta Menpora.

“Bikin anggota konfiden dengan profesinya. Nantinya akan lahir kreatifitas inovasi anggota. Posisi di depan terlihat kokohnya dada. Pembangunan bangsa jadi sumber utama,” dengan berapi-api Zainuddin Amali menyampaikan hal ini yang disertai tepuk tangan peserta Rakernas. Tugas ISORI adalah menyadaran masyarakat bahwa olahraga adalah menu utama dalam kehidupan. Tanamkan pada setiap bahwa orang hidup itu butuh olahraga.

Sementara itu dalam sambutannya Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. sebagai perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Ilmu Keolahragaan, UNY tahun ini mempunyai banyak kegiatan yang berhubungan dengan bidang olahraga. Khusus untuk kegiatan HUT ISORI kegiatan yang dilakukan juga dilaporkan oleh Rektor, dari diadakannya Latih-tanding Tenis Lapangan antara PP ISORI dan DPD ISORI DIY, Focus Group Discussion mengenai Sport Science dan jaring aspirasi persiapan Rakernas ISORI, Webinar Nasional Keolahragaan, Peringatan Kelahiran ISORI, dan Rapat Kerja Nasional Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia tahun 2021.

Dengan kehadiran Menpora, Sumaryanto menyambut gembira atas tekad Kemenpora yang memberikan perhatian besar terhadap bidang olahraga. Beberapa Menpora yang juga sudah pernah berkunjung di UNY, diantara Adhyaksa Dault,  Andi Alfian Mallarangeng, Roy Suryo, Imam Nahrawi, dan sekarang Zainuddin Amali, sehingga Rektor mengapresiasi kehadiran beliau-beliau.

Disamping dihadiri oleh Menpora, Rakernas ISORI juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Dr. Raden Isnanta, M.Pd., para dekan Fakultas Olahraga LPTK, Pengurus Pusat dan Daerah ISORI, Asdep Olahraga Prestasi, Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, dan peserta undangan lainnya. Rakernas dipandu oleh Ketua Umum PP ISORI, yaitu Prof. Dr. Syahrial Bahtiar, M.Pd.. Hal-hal yang dibahas dalam Rakernas antara lain membahas perubahan atau amandemen AD/ART ISORI, program kerja, pendataan keanggotaan, struktur organisasi, penyusunan big data ISORI. (Sud).