MENERAWANG POTENSI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), PRAKTIK INDUSTRI (PI)/MAGANG/PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DAN KKN DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI MEGATREND DUNIA 2045

1
min read
A- A+
read

International Conference On Practicum and Community Service In Education

Seluruh negera dihadapkan pada tantangan megatrend global yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2045 di mana sumber daya manusia di masa yang akan datang dituntut mampu beradaptasi dengan cepat dalam mengimbangi perubahan yang bersifat radikal, masif, terstruktur, dan tidak dapat dibendung. Situasi ini menuntut perguruan tinggi untuk membekali lulusannya dengan kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya agar mampu mendesain strategi dan perencanaan ke depan agar perubahan ini berdampak positif dan berkelanjutan bagi kehidupan mereka. Mahasiswa hendaknya diberi kesempatan seluas-luasnya untuk terlibat dalam berbagai kegiatan praktik demi menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam konteks nyata. Artinya, praktik mengajar, kegiatan magang industri, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk KKN menjadi faktor penting dalam pengembangan kapasitas mahasiswa.

Kondisi ini mendorong Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menyelenggarakan The 1st International Conference on Practicum and Community Service in Education (The 1st IcoPCoSE) secara daring (Zoom Meeting) pada tanggal 3 - 4 November 2021 dengan mengusung tema“Practicum and Student Community Service in the 21st Century Education”. Agenda ini bertujuan untuk menghimpun ide, wawasan, dan inovasi dalam penyelenggaran praktikum dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa yang melibatkan berbagai stakeholders.

Melalui forum ini, UNY mengundang akademisi, praktisi, birokrat atau pemangku kebijakan, industri, masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya yang concern terhadap praktikum dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan. Pertemuan pihak-pihak dengan berbagai latar belakang tersebut diharapkan mampu menghadirkan solusi untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi tantangan Abad ke-21.

Dalam agenda ini, UNY menghadirkan pembicara utama, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta pembicara-pembicara tamu dari berbagai negara yakni Australia, Jerman, Indonesia, Malaysia, Jepang, Taiwan, Uzbekistan dan Belanda.

Konferensi internasional ini terbuka untuk berbagi informasi, pengetahuan, dan pengalaman tentang penyelenggaraan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Kependidikan (PK)/Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dan Praktik Industri (PI)/Praktik Kerja Lapangan (PKL)/Magang di berbagai negara. Makalah dapat berbasis riset ataupun non-riset (seperti kajian literatur, opini, sharing practices) dan dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 28 Oktober 2021 yang nantiny amelalui proses seleksi untuk diterbitkan oleh penerbit internasional. (hryo)

Informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan  The 1st IcoPCoSE dapat diakses melalui

🌐 Website        : http://icopcose.uny.ac.id/

📧 E-mail         : icopcose@uny.ac.id

📣 Instagram  : @ulkknpkuny

☎ Telepon      : (0274) 548204