Kunjungan Perguruan Tinggi Arab Saudi Jalin Kerjasama

1
min read
A- A+
read

Dr. Abdulrahman Ali M. Alamri

Universitas di Arab Saudi melakukan serangkaian kunjungan ke Yogyakarta dipimpin delegasi dari Kementerian Pendidikan Arab Saudi. Salah satunya adalah mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta dan diterima di Ruang Sidang Utama Rektorat, Senin (20/2). Rombongan dari Arab Saudi dipimpin Ketua Delegasi Dr. Abdulrahman Ali M. Alamri dari Kementerian Pendidikan Arab Saudi, dengan anggota Dr. Sami Abdulrahman H. Alharbi dari Kementerian Pendidikan, Bapall Kamal Jameel A. Alwidyani Kementerian Luar Negeri, Dr. Ibrahim Salem N. Alsaedi Islamic University of Medinah serta Dr. Bander Saeed A. Zahrani dari Imam Mohammad Ibn Saud Islamic University dengan didampingi Dr. Andi Holilulloh, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari transformasi UNY dari PTN Badan Layanan Umum menjadi PTN Badan Hukum yang akan meningkatkan kerjasama internasional dengan institusi dan perguruan tinggi, termasuk dari Arab Saudi. “Tahun 2022 kami menempati ranking kedua dari PTN Badan Layanan Umum di Indonesia, ranking 28 Asia dan rentang 201 – 250 ranking internasional dalam bidang pendidikan” kata Rektor. Posisi ini memperkuat UNY untuk meningkatkan kolaborasi kerjasama dalam lingkup pendidikan, riset dan community services dengan penerapan pada pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, publikasi bersama, double degree serta pertukaran kurikulum bersama. Harapannya kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas akademik antar perguruan tinggi sebagai realisasi komitmen untuk membumi sesuai dengan misi UNY unggul kreatif dan inovatif berkelanjutan.

Menurut Dr. Abdulrahman Ali M. Alamri kunjungannya bersama rombongan ke Yogyakarta dan mengunjungi UNY salah satunya karena UNY merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia yang maju dan berharap agar UNY terus melaju menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional. “Indonesia dan Arab Saudi telah lama bekerjasama dalam berbagai bidang. Kedua negara juga aktif dalam forum G20” katanya. Kedua negara juga terus bertumbuh ekonominya dan punya banyak kesamaan. Arab Saudi juga merupakan salah satu negara yang diperhitungkan di dunia internasional sebagai salah satu kekuatan ekonomi dalam berbagai sektor diantaranya perminyakan. Indonesia merupakan salah satu negara terpenting bagi Arab Saudi karena jumlah penduduknya yang banyak terutama kaum mudanya. Ini merupakan sumber daya manusia yang potensial untuk membangun kapabilitas yang akan tumbuh makin banyak. Saat ini Arab Saudi menggagas kolaborasi dalam banyak hal seperti investasi, komersial dan pendidikan, oleh karena itu delegasi Arab Saudi mengunjungi Indonesia dalam rangka menjalin kerjasama dengan beberapa pimpinan pendidikan tinggi di beberapa provinsi. Fokus kerjasama ini mengenai studi tentang agama Islam, kesehatan, teknik, keamanan siber, ilmu pengetahuan sosial, komputer, hukum dan sebagainya. Semua Kerjasama ini bernaung di bawah payung Kementerian Pendidikan.

Dr. Abdulrahman Ali M. Alamri juga memaparkan saat ini ada lebih dari 50 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Arab Saudi yang saat ini meraih predikat terbaik dari mahasiswa internasional disana. “Dedikasi mereka sangat tinggi untuk belajar, perilaku, respek dan memiliki kemajuan akademik yang baik” katanya. Arab Saudi memiliki lebih dari 400 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar disana sejak jenjang sarjana, magister hingga doktoral. Arab Saudi menyediakan 700 beasiswa tiap tahun bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Arab karena besarnya populasi anak muda di Indonesia sehingga mendorong keberhasilan mereka merupakan salah satu implementasi untuk mengangkat potensi kerjasama kedua negara.

Kegiatan berlangsung penuh keakraban antara peserta dari kedua negara. Dari UNY hadir segenap jajaran pimpinan, para wakil rektor, dekan, direktur, ketua lembaga dan jajaran civitas akademika. Kunjungan diakhiri dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama.

Penulis : Dedy

Editor : Sudaryono

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia