Kuliah Umum Bersama Dr. Noorzana Khamis dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

1
min read
A- A+
read

Kuliah umum

Departemen Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY melaksanakan kuliah umum (General course) untuk mata kuliah Pengelolaan Lab Fisika pada 27/5/2024 di Ruang Sidang 2 FMIPA UNY. Kegiatan ini diikuti oleh 48 mahasiswa Departemen Pendidikan Fisika kelas A.

Kuliah umum membahas tentang ‘Way of learning physics’. Pada awal perkuliahan Dr. Noorzana Khamis memberikan penekanan tentang epistemology ’How do you know something?’. Hal ini menekankan pada bagaimana mahasiswa meyakini diri sendiri, bagaimana yakin dengan orang lain, dan filosofi seperti apa yang dianut, khususnya belajar fisika. Beliau menjelaskan bahwa belajar fisika membutuhkan sense of indera mata. Pentingnya pembelajaran ini akan  dapat mahasiswa gunakan ketika mengajar di sekolah.  Mahasiswa akan memilih teaching practices yang bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran, khususnya gen Z dan gen Alpha.

Dr. Noorzana juga mengatakan bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab sebagai pendidik (guru), yaitu memiliki tiga peranan yaitu  menjadi contoh, memberikan motivasi, dan memberikan dorongan.  Guru sebagai pendidik harus memiliki kontruksi dasar dalam belajar pengetahuan (khususnya fisika), antara lain Believe atau keyakinan, yaitu percaya bahwa siswa dapat mengkontruksi pengetahuan mereka,;Learning atau belajar yaitu belajar dengan melakukan bukan hanya mengingat, dan Think atau berpikir yaitu berpikir seperti scientist atau ilmuwan.

“Dalam pembelajaran menekankan pada learning ability, yaitu kemampuan mengkonstruk pengetahuan sendiri. Belajar membutuhkan stabilitas dan kemauan kuat untuk belajar. Ibarat bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Semoga melalui kuliah ini dapat bermanfaat untuk para mahasiswa”, tambahnya. 

Penulis
Witono
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus