Kerjasama UNY dan PT Pos Indonesia (Persero) Menuju Transformasi Kelembagaan yang Lebih Adaptif

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan PT Pos Indonesia (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Ruang Teater, Gedung Sugeng Mardiyono UNY lantai 3, Jum’at (17/2).   Arifin Mukhlis, Senior Vice President Enterprise Business PT Pos Indonesia (Persero), menyatakan bahwa perusahaannya tidak hanya melulu terkait dengan layanan wesel/surat. "Kami telah melakukan banyak transformasi sehingga dapat adaptif menjawab tantangan zaman," papar Arifin Mukhlis.

PT Pos Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pos Logistik Indonesia, tidak hanya melayani pengiriman surat, namun juga sudah siap untuk memberikan layanan heavy logistik, maupun pengiriman paket yang membutuhkan perlakuan khusus dengan dukungan 4.367 jaringan Pos Indonesia Group dan 33.000 titik penjualan.  Sedangkan untuk layanan pembayaran, masyarakat dapat menggunakan Pospay untuk pembayaran listrik, BPJS, maupun untuk menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). Selain itu, PT Pos Indonesia melalui PT Pos Properti Indonesia, juga berupaya mengoptimalkan aset perusahaan yang sebagian besar dekat dengan titik nol kilometer dan alun-alun. 

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyatakan bahwa secara geografis, hubungan UNY dan PT Pos Indonesia (Persero) sudah sangat dekat. Terbukti dengan salah satu cabang PT Pos Indonesia (Persero) yang terletak di sebelah timur UNY. "Tidak hanya gedung, kita juga sudah lama bersinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero). Sudah banyak alumni UNY yang dipercaya untuk mengabdi di PT Pos Indonesia (Persero). Selain itu, saat saya menjadi Dekan, UNY dan   PT Pos Indonesia (Persero) sudah sering berkolaborasi dalam penyelenggaraan event olahraga," kata Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

“UNY membuka peluang studi lanjut bagi SDM PT Pos Indonesia (Persero),” kata  Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Selain  studi lanjut melalui jalur RPL di UNY. UNY berpotensi untuk bekerjasama secara akademik dengan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) dan Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS)  yang berafiliasi dengan Pos Indonesia (Persero).
"Kolaborasi adalah keniscayaan untuk mengembangkan organisasi kita sehingga kita semua bisa minulya," tutup Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

Penulis: Laksa
Editor: Sudar

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia