Kapolri Kunjungi UNY dalam rangka Semarak Bakti Bhayangkara Presisi Polda DIY

1
min read
A- A+
read

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. hadir ke GOR UNY dalam rangka acara Semarak Bakti Bhayangkara Presisi yang diselenggarakan oleh Polda DIY. Semarak Bakti Bhayangkara Presisi merupakan puncak kegiatan dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Polda DIY, kegiatan yang diselenggarakan antara lain: pelatihan dan penyaluran barista. pelatihan montir presisi, perlombaan senandung nusantara, kompetisi Bhayangkara Entrepreneurship Concept Competition (BECC). Universitas Negeri Yogyakarta mendapatkan Amanah untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Bhayangkara Entepreneurship Concept Competition (BECC) Tahun 2023.  Pada kegiatan Semarak Bakti Bhayangkara Presisi turut hadir pula, Kabareskrim POLRI, Komjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil.), Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.IK., MH. (Kapolda DIY), Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, , S.H., S.I.K. (Wakapolda DIY) serta KGPAA Paku Alam X ( Wagub DIY) .

BECC sendiri merupakan wadah kegiatan bagi para mahasiswa kreatif untuk turut serta menginovasi pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melaui strategi bisnis yang “out of the box” guna meningkatkan kelas produk UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan Kegiatan BECC Ini antara lain adalah, peningkatan kualitas produk dan pemasaran produk UMKM di DIY, Memajukan Sektor Ekonomi Kreatif UMKM di DIY, meningkatkan branding keistimewaan DIY dan produk- produk UMKM DIY, memberi ruang kreasi bagi mahasiswa yang kuliah di DIY untuk mengembangkan potensi di bidang ekonomi kreatif, menciptakan sinergi antara dunia Pendidikan, ekonomi, dan keamanan, menciptakan connecting produsen dengan pasar local, nasional, dan internasional, serta turut serta menciptakan KAMTIBNAS yang kondusif memalui jejaring wirausaha.  Pendaftaran peserta yang dimulai pada tanggal 14 Agustus hingga 22 September ini telah mencapai 295 tim yang terdiri dari 1235 mahasiswa dari 30 Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta. Seleksi BECC ini dilakukan 4 tahap yaitu seleksi administrasi (23- 24 September 2023), Seleksi Substansi Proposal (24- 28 September 2023), Seleksi Semi Final (3- 4 Oktober 2023) dan Seleksi Grand Final (5 Oktober 2023). 

Setelah melaksanakan seleksi subtansi proposal secara daring yang memilih 20 besar yang terdiri dari 81 mahasiswa dari 14 perguruan tinggi, lalu pelaksanaan seleksi semi final yang juga dilaksanakan di UNY, tepatnya di Ruang Sidang Utama UNY pada tanggal 3 dan 4 Oktober guna menyeleksi dari 20 tim yang lolos menjadi 9 tim finalis yang masuk ke grand final. 

Pelaksanaan Grand Final pada 5 Oktober 2023 yang diselenggarakan di Gedung Anton Soejarwo POLDA DIY meloloskan  9 tim yang terdiri dari 25 mahasiswa dari 8 perguruan tinggi. Delapan perguruan tinggi yang lolos antara lain Universitas Negeri Yogyakarta ( Peringkat 1 dengan nama tim Jagadu), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI (Peringkat 2 dengan nama tim Cendrawasih), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (Peringkat 3 dengan nama tim Bandung Bondowoso) , Universitas PGRI Yogyakarta  (Peringkat 4 dengan nama tim WG Squad) Universitas Gajah Mada (Peringkat 5 dengan nama tim Cukurukuk), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Peringkat 6 dengan nama tim Bestie tim),  Universiatas Negeri Yogyakarta (Peringkat 7 dengan nama tim IWAY tim), Universitas Ahmad Dahlan (Peringkat 8 dengan nama tim Pluto Projector), dan Universitas Respati Yogyakarta (Peringkat 9 dengan nama tim Hayuning).

Dalam sambutannya Jenderal Listyo Sigit mengatakan bahwa acara inI sangat penting bagi mahasiswa terutama mahasiswa yang punya bakat di bdang wirausaha tapi tidak memiliki biaya serta wadah untuk menyalurkan bakatnya. Kapolri juga menyarankan bagi Wagub DIY untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu agar bisa melanjutka studinya sambal terus mengasah kemamuan bisnisnya. 

Pada akhir acara, para pemenang mendapat bantuan uang tunai serta paiagam penghargaan yang diberikan llangsung oleh Jenderal Listyo Sigit. 

Penulis: Khairani Faizah
Editor: Arwan Nur Ramadhan


 

IKU