Ikapen UNY : Asah-Asih-Asuh

2
min read
A- A+
read

Ikapen

Sejarah berdirinya Ikatan Keluarga Pensiunan (IKAPEN) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tidak lepas dari niat baik dan semangat kebersamaan para tokoh pendahulu yang terdiri atas para pensiunan, baik mantan pejabat struktural atau fungsional di UNY, maupun para pensiunan yang lain. Dalam semangat kebersamaan itulah para pendiri memandang diperlukannya suatu organisasi sebagai wadah bagi mereka untuk dapat terus menjalin dan membina hubungan silaturahmi. Demikian penegasan dari Bapak Soetrisno, S.H., salah satu pendiri IKAPEN UNY dalam suatu kesempatan. Selain itu, IKAPEN UNY juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk melakukan berbagai aktivitas yang positif dan produktif bagi kepentingan para anggotanya.

Nama “Ikatan” digunakan dalam IKAPEN UNY semata-mata agar seirama dengan organisasi yang sudah ada sebelumnya, yaitu Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNY. Demikian pula, digunakannya kata “pensiunan” dan bukan “purna tugas” atau “purna karya” pada nama itu, mengacu pada Undang-undang Pokok Kepegawaian yang menyatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah memenuhi masa kerja tertentu dan persyaratan yang lain diberhentikan dengan hormat dari PNS dengan status “pensiunan PNS”.

IKAPEN UNY diklaim berdiri pada 15 Juni 2010 bersamaan dengan disahkannya Anggaran Dasar IKAPEN UNY oleh delapan belas orang penyusun, masing-masing: Prof. Imam Barnadib, M.A., Ph.D.; Prof. Arma Abdoellah, M.Sc.; Prof. Dr. Sutari Imam Barnadib; Prof. Dr. Sukardjo; Prof. Dr. Jumhan Pida; Drs. IGN Made Berata; Drs. Umar Suwito, M.Pd,; Drs. Ischak, S.U.; Dr. Wuryati Samekto; Drs. Moh. Afieq; Drs. M. Affandi; Drs. Wresniwira; H. Soetrisno, S.H.; Drs. Suhartono; Drs. Supantoro; Dra. Titi Rahayu Budiarti; Marjuki, S.Pd.; dan Drs. Sasman Santa.

Masa bakti pengurus IKAPEN UNY adalah dua tahun dan dapat diangkat kembali untuk masa bakti dua tahun berikutnya. Sampai dengan berita ini ditulis, kepengurusan IKAPEN UNY sudah mengalami pergantian selama lima periode, yatu: periode I (15 Juni 2010 - 10 Mei 2013); periode II (2013 – 2015); periode III (2013 – 2015 yang diperpanjang sampai dengan Mei 2017); periode IV (2017 - 2019 yang sampai dengan 2021 karena terjadinya bencana pandemic covid 19); dan periode V (2021 – 2023). 

Pada 2022 ini, bersamaan usianya yang ke-12, untuk pertama kalinya IKAPEN UNY merayakan Hari Ulang Tahunnya. HUT XII IKAPEN UNY kali ini yang mengusung tema “Lansia Harus Sehat, Sejahtera, dan Bahagia” berlangsung sederhana namun khidmat di Auditorium UNY. HUT yang baru pertama kali digelar ini dihadiri oleh sekitar 250 orang.

Dalam laporannya Ketua Panitia HUT XII IKAPEN UNY, Dr. Sumaryadi, M.Pd., menyatakan bahwa IKAPEN UNY yang berdiri dua belas tahun yang lalu dibentuk sebagai wadah pesrawungan dan kebersamaan para anggotanya. Diharapkan, organisasi ini dapat dimanfaatkan sebagai wadah para anggotanya untuk saling asah, asih, dan asuh. Asah asih asuh yang memiliki pengertian sebuah dinamika, merupakan suatu tindakan, keberadaan, dan pengalaman. Saling asah asih asuh, dengan demikian, bermakna saling mendidik, saling mencintai, dan saling membina. Maka, interaksi di dalam tubuh IKAPEN UNY itu diharapkan mampu membuat masa senja menjadi lebih indah.

Sementara itu, Ketua IKAPEN UNY, Dr. Sardiman AM, M.Pd., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa organisasi ini merupakan satu-satunya wadah resmi yang menaungi para pensiunan UNY dan menjadi penghubung antara pensiunan dan UNY. Ungkapan terima kasih perlu disampaikan kepada para pendiri IKAPEN UNY yang meletakkan landasan filosofis “mikul dhuwur mendhem jero”. Dengan adanya IKAPEN UNY, walau usia telah tua, tapi semangat harus tetap muda.

Acara HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua IKAPEN UNY. Namun, sebelum tumpeng dipotong, didahului dengan prosesi ngarak tumpeng dari pintu utama Auditorium ke depan para tamu undangan oleh Pangarseng Kridha IKAPEN UNY. Makna yang diharapkan bahwa IKAPEN UNY semoga dapat menjadi contoh suri tauladan “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Usai pemotongan tumpeng, Rektor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap warga IKAPEN UNY atas dukungan dan doa restunya kepada UNY, sehingga UNY mampu berkembang dan terkenal seperti sekarang ini.

HUT XII kali ini dimeriahkan pula dengan diresmikannya Paguyuban Karawitan IKAPEN LARAS Budaya oleh Rektor UNY. Pada kesempatan itu paguyuban karawitan tersebut mengiringi sajian tari Gambyong Pangkur dan melantunkan beberapa gendhing. Menggenapi acara HUT adalah ceramah Lansia dan Kesehatan oleh Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD., K.Ger., S.E., M.M. Satu hal yang cukup membanggakan bahwa sejak Juni 2022 IKAPEN UNY telah memiliki logo IKAPEN UNY. Logo tersebut diciptakan oleh Dr. Hadjar Pamadi, M.A. (Hons), seorang purna dosen dari FBS UNY. (hart)