Garuda UNY Siap Bersaing di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024

Tim Garuda UNY dengan optimis siap bersaing dengan dua mobil inovatif andalan mereka, yaitu Anak Lanang dan Anak Wedok, dalam kompetisi bergengsi nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), yaitu Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Kompetisi ini berfokus pada pengembangan kendaraan hemat energi untuk masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Setelah melewati tahap seleksi yang ketat, mulai dari administrasi, laporan desain kendaraan, hingga inspeksi teknis virtual, Tim Garuda UNY berhasil terpilih sebagai salah satu dari 60 finalis yang akan berlaga di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), dengan panjang 2,4 kilometer dan 18 tikungan khas, akan menjadi arena bagi para finalis untuk menampilkan inovasi kendaraan mereka.

Tim Garuda UNY menghadirkan dua mobil berbasis energi terbarukan, yaitu Garuda UNY Eco Team I di kategori Urban Kelas MPD Etanol, yang dipimpin oleh Irvanda Sri Purwanto, dan Garuda UNY Eco Team II di kategori Urban Kelas Motor Listrik di bawah kepemimpinan Fadhil Akmal. Kedua kendaraan ini dirancang dengan memanfaatkan energi terbarukan, sebagai wujud kontribusi mahasiswa dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang hemat energi dan aman dikendarai.

Kesadaran Tim Garuda UNY sebagai agen perubahan dalam menghadapi krisis energi global menjadi pendorong utama partisipasi tim dalam kegiatan ini. Melalui keterlibatan di KMHE, diharapkan Tim Garuda UNY dapat menginspirasi generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk menciptakan teknologi otomotif yang lebih hemat energi sekaligus berkontribusi pada kemajuan bangsa Indonesia.

Tim Mobil Garuda UNY, yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa berbakat dari berbagai jurusan, telah melakukan persiapan selama beberapa bulan. Dengan kendaraan yang mengusung teknologi ramah lingkungan, tim ini siap bersaing dengan peserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia sewkaligus berpartisipasi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan semangat yang membara, optimisme tinggi, serta tekad yang tak tergoyahkan, Tim Garuda UNY siap berkompetisi di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dengan target meraih hasil terbaik. “Lakukan apa pun selama sesuai dengan regulasi, kami selalu mendukung di belakang kalian,” ujar Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T., pembimbing Tim Garuda UNY, dalam acara doa bersama sebelum keberangkatan. Menyusul, Dr. Sutiman, S.Pd., M.T., selaku pembimbing tim lainnya, menambahkan, juara adalah mereka yang terbaik, terbaik dalam usaha, doa, persiapan, dan segalanya.

Penulis
Ashrof
Editor
Dedy
Kategori Humas
MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat