FAKULTAS MIPA TAMBAH DUA GURU BESAR

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta akan mengukuhkan dua guru besar pada Sabtu (7/3) di Rektorat UNY. Kedua guru besar yang dikukuhkan adalah Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fisika Zat Padat Prof. Dr. Heru Kuswanto, M.Si. dan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Penilaian Pembelajaran Fisika Prof. Dr. Drs. Edi Istiyono, M.Si. Kedua guru besar tersebut berasal dari Fakultas MIPA. Dengan dikukuhkannya kedua guru besar ini UNY memiliki 153 orang profesor.

Heru Kuswanto adalah dosen pendidikan fisika di Fakultas MIPA. Heru Kuswanto menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu Pendidikan Fisika IKIP Yogyakarta tahun 1986, mendapat gelar magister pada bidang ilmu Fisika UGM tahun 1993 dan mendapat gelar doktor bidang Ilmu Optik, Optoelektronik, Micro-wave di Universite Jean Monnet de Saint Etienne, Perancis. Heru Kuswanto juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

Sedangkan Edi Istiyono kesehariannya adalah dosen jurusan pendidikan fisika. Edi Istiyono menyelesaikan program sarjananya pada bidang pendidikan fisika IKIP Yogyakarta tahun 1993, mendapatkan gelar magister bidang fisika UGM tahun 1999 serta memperoleh gelar doktor bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Edi Istiyono juga banyak menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Kedua guru besar tersebut akan membacakan pidato ilmiah sesuai bidang ilmu masing-masing. Heru Kuswanto akan menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Rekayasa Struktur Fiber Optik untuk Mendukung Palapa Ring’ sedangkan Edi Istiyono akan memaparkan pidato ilmiah berjudul`121 ‘PhysCoTeHOTS-CAT: Solusi Penilaian HOTS Berbasis TIK sebagai Tuntutan Pembelajaran Fisika Masa Kini’. (Dedy)