Enterpreneur Sukses di Usia Muda

2
min read
A- A+
read

Mahasiswa, selain pendidikan sebagai bekal masa depan, juga penting mencari pengalaman dan ilmu dalam berwirausaha. Sehingga perlu adanya skill yang bagus, agar bisa memasarkan atau membranding hardskill yang dia punya. Itulah sepenggal kalimat dari Ketua DPP IKA, Prof. Suyanto, Ph.D. dalam memberikan sambutan di acara Seminar Kewirausahaan IKA UNY bertema Enterpreneur Sukses di Usia Muda. Acara ini merupakan kolaborasi, dari Kemahasiswaan UNY bersama Ikatan Alumni UNY yang berlangsung di Ballroom Gedung IKA pada hari Rabu (28/9).

Seminar yang dibuka secara simbolis menggunakan peluit oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dihadiri oleh sekitar 150 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jenjang dan fakultas. "Karena saya basic-nya dari olahraga, maka saya menggunakan sempritan (peluit) untuk membuka secara resmi seminar ini, sebagai suatu bentuk sportifitas, dan harapan kedepan, bahwa mahasiswa selalu sportif dalam belajar, bersosialisasi kemasyarakatan, dan berwirausaha" sambutnya. Prof. Sumaryanto juga menambahkan jika di usia yang masih muda, kita harus bisa lebih produktif dalam berwirausaha.

Seminar Kewirausahaan IKA dimoderatori oleh Dr. Siswanto Dekan Fakultas Ekonomi, menghadirkan 3 tokoh yang mewakili keberhasilan dalam berwirausaha. Secara berurutan diawali oleh Dr. (H.C.) Drs. H. Darsono, dilanjutkan Hendri Hariyanto, S.Pd., dan terakhir oleh Saniman.

Dr. (H.C.) Drs. H. Darsono, Rektor Universitas Pamulang sekaligus Ketua Yayasan Sasmita Jaya, sebagai pemateri pertama, menampilkan profil Yayasan beserta unit usaha berbasis kemasyarakatan yang tersebar di beberapa tempat. "Unit usaha kami, berusaha memberikan kesempatan bagi orang yang mempunyai skill namun memiliki keterbatasan, baik lahan ataupun modal, ada yang pintar membuat tahu, ya kami fasilitasi membuatkan unit usaha pabrik tahu, ada yang pintar dalam bercocok tanam, kami fasilitasi dengan lahan pertanian, sehingga selain bisa meningkatkan hasil produksi juga sebagai embrio dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada" Ujar pria kelahiran Bantul tahun 1955 ini.

Pemateri kedua, Hendri Hariyanto, S.Pd. merupakan alumni dari UNY, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Buma Cipta Rasa Otama dan sekaligus Owner dari Mr. Teto (Madura Sate dan Soto). Sumbangsihnya terhadap almamater yang telah memberikan gelar S.Pd. yakni ikut menjadi pengurus IKAFE, atau Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi. Selain menjadi pengurus, Hendri juga aktif terlibat di berbagai acara di Fakultas Ekonomi, baik dalam seminar kependidikan maupun kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan telah ditunjukkannya sejak masih menjadi mahasiswa dengan aktif menjadi anggota pengurus Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UNY. Harapannya bagi mahasiswa yang hadir dalam seminar ini ialah, "Jangan takut gagal, pelajari, amati, dan terapkan, pengalaman itu bisa datang dari mana saja, baik dari pengalaman kegagalan kita, maupun dari kegagalan orang lain, selalu inovasi dan berkembang, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya".

Sebagai pemateri terakhir, Saniman yang saat ini menjabat sebagai Plt. Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Yogyakarta, menjelaskan terkait UMKM yang saat ini banyak disponsori oleh pihaknya. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. "UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian dan berpotensi untuk terus ditingkatkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional" kata pria kelahiran 20 Februari 1968 ini. Sebagai salah satu Bank Mitra yang dipercaya oleh UNY, BTN selama ini sangat aktif dalam membantu pendidikan melalui program CSRnya seperti yang baru awal bulan ini diberitakan (1/9) bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Pusat Jakarta menyalurkan program bantuan pendidikan beasiswa mahasiswa pada Universitas Negeri Yogyakarta sebesar Rp. 500.000.000,-

Seminar Kewirausahaan selesai pada pertengahan hari, dan ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para narasumber. Harapannya, mahasiswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk berwirausaha, selain tugas utamanya sebagai mahasiswa untuk belajar secara akademis.

Penulis: Pras
Editor: Yuyun