Ditpenjamu UNY Selenggarakan Acara Penghargaan SPMI Award 2024

1
min read
A- A+
read

Direktorat Penjaminan Mutu (Ditpenjamu) UNY pada Jumat, 17 Mei 2024 bertempat di Ballroom UNY Hotel menyelenggarakan acara “Penghargaan SPMI Award 2024 Tingkat Fakultas dan Pascasarjana”. Acara ini dihadiri oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Para Wakil Rektor, Para Dekan, Para Direktur dan jajaran pimpinan serta staff Ditpenjamu UNY. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sendiri adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu Pendidikan tinggi oleh setiap Perguruan Tinggi (PT) secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Direktur Ditpenjamu UNY, Prof. Dr. Aman, M.Pd., ketika memberikan sambutan mengatakan alasan dan tujuan penyelengaraan acara ini merupakan realisasi dari amanah konstitusi yang tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi yang dijabarkan dalam Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, yakni setiap Perguruan Tinggi mempunyai kewajiban menyelenggarakn Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Keberhasilan UNY dalam pemenuhan SPME melalui akreditasi baik nasional maupun internasional tidak dapat dilepaskan dari kualitas implementasi SPMI yang sangat baik, hal ini merupakan salah satu syarat utama atau syarat perlu bagi pengakuan akreditasi institusi maupun Program Studi. Fakultas dan Sekolah Pascasarjana dengan dimotori Unit Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Prodi telah menerapkan SPMI dengan baik dilandasi komitmen yang sangat tinggi, bahkan telah melahirkan inovasi- inovasi SPMI baik dalam komponen PPEPP maupun dukungan data, sistem informasi, dan publikasi melalui Fakultas/SPs. Atas dasar pertimbangan tersebut, sangat layak kiranya diberikan apresiasi kepada Fakultas/SPs yang telah menyelenggarakan SPMI dengan sangat baik disertai dengan beragam inovasi, tujuan SPMI award ini adalah untuk meningkatkan kualitas SPMI serta semakin meningkatkan motivasi implementasi penjaminan mutu di lingkungan UNY. Peserta untuk SPMI Award kali ini diikutioleh 8 fakultas dan 1 sekolah Pascasarjana.

Proses penghargaan SPMI Award ini dilakukan dengan mekanisme penilaian (Desk Evaluation) Dokumen/Portfolio implementasi SPMI yang dikirimkan oleh Fakultas/ SPs, dilanjutkan dengan penilaian paparan implementasi SPMI. “Untuk rangakaian kegiatannya adalah sosialisasi pelaksanaan SPMI Award 2024 (21 Maret), unggah dokumen portfolio (22 Maret- 24 April 2024), penilaian portfolio (29- 30 April 2024), presentasi nominator (6 Mei 2024), dan penyerahan Anugrah SPMI Award 2024 (17 Mei 2024),” lanjut Prof. Aman. Ia juga menambahkan bahwa Dewan Juri terdiri dari 9 orang berasal dari unsur Komisi Senat Bidang Penjaminan Mutu, staf Ahli Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, Tim Ahli Penjaminan Mutu, dan unsur DPM. 

Adapun Fakultas yang berhasil meraih kategori Bronze yaitu SPs, Silver diraih oleh Fakultas Vokasi dan FISHIPOL, Gold diraih oleh FBSB, FIPP, dan FEB, serta Platinum diraih FIKK, FT, dan FMIPA.
Untuk peraih kategori bronze mendapat uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah, silver 3 juta rupiah, Gold 4 juta rupiah, dan Platinum 5 Juta rupiah. Prof. Sumaryanto ketika memberikan arahan setelah pengumuman pemenang menyampaikan apresiasinya dalam mendukung diadakannya kompetisi seperti ini, dan berharap kedepannya akan diadakan lagi untuk semua prodi, jurusan, serta Fakultas yang ada di UNY agar dapat berlomba- lomba untuk meningkatkan skor penilaian SPMI lebih tinggi. 

Penulis
Khairani Faizah
Editor
Prasetyo Noviriyanto
Kategori Humas
IKU
IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional