Cerita Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Melakukan Magang Mandiri di PCINU Korea Selatan

2
min read
A- A+
read

Magang di Korea Selatan

Kegiatan belajar di luar kampus saat menjadi salah satu program yang menarik mahasiswa. Berbagai kegiatan mulai dari asistensi mengajar, membangaun desa, penelitian, pertukaran pelajar, proyek kemanusiaan, studi independen, kegiatan wirausaha, dan magang. Kegiatan ini membuat mahasiswa menjadi berminat untuk melakukan kegiatan belajar di luar kampus dan mengeksplorasi pengalaman secara langsung baik di masyarakat maupun di Lembaga non eprguruan tinggi. Salah satu mahasiswa yang semangat dalam mencari pengalaman dalam kegiatan belajar di luar kampus adalah Muhammad Raihan Aditama, atau akrab disapa Rama. Rama adalah mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2019 yang baru saja menyelesaikan kegiatan belajar di luar kampusnya melalui program magang di Korea Selatan.

Magang yang dilakukan oleh Rama adalah magang mandiri di PCINU (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama) Korea Selatan. Kegiatan magang yang dilakukan selama dua minggu membawa berbagai pengalaman baru bagi Rama. Bagaimana tidak, rama berkesempatan melaksanakan magang secara langsug di Korea Selatan dan menetap disana selama 2 minggu. Pengalaman magang singkat namun sangat berkesan selama dua minggu ini membawa berbagai pengalaman dan sensasi berbeda baginya. Berawal dari keinginan melakukan kegiatan mengajar di Jepang menjadi kegiatan magang di Korea Selatan. Alasannya magang di PCINU adalah dirinya yang tertarik tentang Nahdlatul 'Ulama di Korea dan ingin mencoba suatu hal baru selama kuliah. Kegiatan magang ini diajukan oleh Rama secara mandiri dan pengajuan magang yang diajukan diterima oleh pihak PCINU.

Pada kegiatan magang kali ini, Rama menjadi bagian dari divisi Multimedia PCINU. Fokus kerjanya yaitu pada pembuatan media di masjid dan pembuatan live streaming masjid di Gimpo. Media ini menjadi salah satu cara agar mempemudah kegiatan ibadah para jamaah masjid Gimpo. Selama magang, Rama mendapatkan berbagai ilmu baru dari para jamaah masjid. Hal ini dikarenakan kebanyakan kegiatan magang di lakukan di masjid PCINU di Gimpo. Sesekali ia pergi ke Kedutaan Besar Republik Indonesisa (KBRI) di Seoul untuk berdiskusi bersama.

Kegiatan magang yang dilakukan mendapat berbagai pengalaman baru seperti mencoba pengalaman bekerja di luar negeri. Tidak berhenti disitu, kegiatan magang ini juga memiliki salah satu momen berkesan bagi Rama, yaitu tentang kegiatan Korea Bershalawat bersama Habib Syech selaku ketua PCINU di Seoul pada 22 Januari 2023 lalu. Rama adalah salah satu penggemar Habib Syech sehingga momen bersama dengan Habib Syech ini menjadi hal yang sangat berkesan baginya. Rama merasakan bagaimana ia menjadi seseorang yang bersama dengan Habib Syech dari kedatangannya di Korea hingga kepulangannya ke Indonesia yang menjadi kesempatan langka dan berharga. Selain itu, momen berkesan lainnya ketika ia bisa menikmati waktu luang magangnya untuk berjalan-jalan di sekitar Gimpo bahkan hingga Seoul.

Pengalaman Rama magang di luar negeri ini tentu menjadi suatu insight baru bagi mahasiswa Pendidikan Sosiologi lainnya, untuk terus mengejar dan mengusahakan mimpi. Berawal dari asa dan harapan, Rama mampu mewujudkan harapannya menjadi sebuah kenyataan, tentu saja dengan proses Panjang yang perlu dilalui. Persiapan Rama untuk memperoleh kesempatan magang di PCINU Korea Selatan ini tidak sebentar, mulai dari membuat proposal, mengurus izin ke universitas, mencari sponsor, hingga mencari Lembaga yang mau menerima kegiatan magang Rama. Sebuah pengalaman yang sangat berharga dan berkesan untuknya. “Jika memiliki keinginan bisa dicoba untuk direalisasikan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih sebuah keinginan itu. Kalau tidak bisa coba di kegiatan reguler, coba cari cara lain karena ada banyak cara yang bisa dilakukan melalui kegiatan dari non-reguler kok. Semangat!” kata Rama. Kegiatan magang yang dilakukan oleh Rama ini mampu membuka pengalaman dan pemahaman baru bahwa hak setiap mahasiswa belajar di luar kampus memiliki banyak kesempatan diluar sana.

Penulis : Admin

Editor : Dedy

MBKM