Apkasi Gandeng UNY Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

1
min read
A- A+
read

Sokhiatulo Laoli bersama para Wakil Rektor

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo didampingi Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha Prof. Margana menyambut kedatangan Dewan Pembina Apkasi (Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia) Drs. Sokhiatulo Laoli, MM didamping staf ahli bidang pendidikan Apkasi di Rektorat UNY. Dalam kesempatan ini Sokhiatulo Lauli mengatakan kedatangannya ke UNY untuk menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangani antara UNY dengan Apkasi. “UNY dengan Apkasi bekerjasama dengan daerah untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia” katanya. Menurut Bupati Nias periode 2011-2021 tersebut harus ada gebrakan dan gerakan untuk bekerjasama antara dunia pendidikan di Indonesia dengan daerah, oleh karenanya Apkasi datang ke UNY untuk membicarakan langkah-langkah dalam melaksanakan program tersebut sehingga secara bertahap dapat keluar dari ketertinggalan. Kedepannya perlu dikonkritkan lagi program unggulan yang bisa dikerjasamakan dengan Apkasi.

Diungkapkan Siswantoyo bahwa kerjasama melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi target utama untuk akselerasi pembangunan di wilayah masing-masing. “Salah satunya melalui studi lanjut” kata Siswantoyo, Selasa (14/2). Wakil Rektor juga membidik beasiswa sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Gayung bersambut, Sokhiatulo Laoli sepakat bahwa dengan beasiswa bagi aparat pemerintah dan masyarakat umum akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tentu dengan dukungan perguruan tinggi di Indonesia atas inisiasi Apkasi. Sokhiatulo Laoli memaparkan apabila setiap daerah di Indonesia menganggarkan beasiswa bagi 10 siswa saja setiap tahunnya maka manfaatnya sangat luar biasa, dengan biaya yang tidak seberapa.

Dalam laman resminya disebutkan bahwa Apkasi memiliki tugas-tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten berjalan baik, memiliki semangat kuat dalam membangun daerahnya dan sebagai mitra strategis antara pemerintah pusat dengan pemerintah kabupaten. Tugas-tugas Apkasi diantaranya memasilitasi kepentingan pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah sesuai hakekat otonomi daerah. Sesuai dasar pembentukannya pada tahun 2000, Apkasi memiliki tugas pokok sebagai penyedia Advokasi, Mediasi dan Fasilitasi bagi pemerintah kabupaten dengan pemerintah pusat dan instansi lainnya sesuai hakekat otonomi daerah. Sedangkan fungsinya adalah sebagai mitra kritis dan strategis pemerintah dalam penyusunan kebijakan nasional tentang pemerintah daerah, fasilitator dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah kepada pemerintah, memfasilitasi kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kapasitas dan pengembangan potensi ekonomi, memfasilitasi pertukaran ide, informasi dan pengalaman antar pemerintah daerah, mendorong promosi potensi daerah untuk meningkatkan pencitraan daerah dalam rangka menghadapai persaingan regional dan global serta sebagai mitra pemerintah dalam rangka diseminasi dan sosialisasi berbagai peraturan dan perundang-undangan, serta kebijakan di bidang otonomi daerah.

Penulis : Dedy

Editor : Sudaryono

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia