Anak Buruh Yang Menjadi Mahasiswa Berprestasi UNY

1
min read
A- A+
read

Ahmad Rizal Rifani

Ahmad Rizal Rifani berhasil meraih juara pertama mahasiswa berprestasi kategori diploma dalam pemilihan mahasiswa berprestasi dalam rangka dies natalis UNY ke-58. Mahasiswa program studi D4 Teknik Mesin Fakultas Teknik tersebut meraih juara setelah melalui serangkaian proses seleksi, dimulai dari pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas melalui seleksi administrasi dan karya. Lalu dipilih satu mahasiswa untuk mewakili fakultas teknik untuk melakukan seleksi di tingkat universitas. Pada tingkat universitas, dipilih 2 mahasiswa untuk menjadi mahasiswa berprestasi yaitu pada program sarjana dan diploma. Pemilihan ini melalui beberapa tahapan dimana penilaiainnya dinilai oleh dosen/juri yang berkompeten di bidangnya.

Alumni SMAN 1 Kebumen tersebut berkisah awalnya tidak memiliki passion di bidang pemesinan. Namun dari dukungan dari orang tua, dosen-dosen yang berkompeten, dan lingkungan kampus yang nyaman membuatnya mampu beradaptasi dengan teknik mesin lebih mudah. “Saya memiliki hobi menulis karya tulis ilmiah sejak duduk dibangku SMP dengan mengikuti organisasi KIR” katanya, Selasa (28/6) di UNY. Pria kelahiran Kebumen, 9 April 2001 itu memiliki potensi dalam mencari ide dan inovasi yang membuat hobinya terbekali. Semenjak masuk perkuliahan, Rizal mulai diajak untuk mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah oleh rekan-rekan organisasi baik dari UKM Rekayasa Tekonologi UNY dan UKM Penelitian Matriks Fakultas Teknik. Dengan mengikuti unit kegiatan mahasiswa, Rizal selalu berusaha mencoba dan terus belajar untuk mengembangkan ide yang ditemukan dan mengikuti lomba yang ditentukan. Prestasi yang ditorehkan anak pasangan Jarkasih yang berprofesi sebagai buruh, dan Karti Yuniarsih, telah mendapatkan kurang lebih 30 prestasi nasional di bidang karya tulis. Rizal juga bergabung menjadi tim Robotika UNY (Tim Maestro_Evo) dimana dengan tim ini saya berhasil menyabet gelar juara 3 Nasional pada 2020 dan Juara 2 Nasional pada 2021. Pada tahun yang sama tersebut, Rizal bersama tim membawa nama UNY ke kancah internasional mewakili Indonesia di kompetisi ABU ROBOCON se-Asia Pasifik. Selain sibuk di dunia lomba, Rizal juga mengikuti beberapa organisasi seperti Karang Taruna Desa Tanjungsari, Ormada Kebumen di UNY, Komunitas Peduli Inklusi GAPAI Kebumen, dan lainnya. “Dengan IPK yang masih berada di ambang Cumlaude, membuat saya menjadi perwakilan FT untuk mengikuti seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat UNY” papar warga Dukuh Bedug, Desa Tanjungsari, Kec. Buluspesantren, Kab. Kebumen tersebut.

Penggemar sepak bola dan menulis karya ilmiah itu menapaki jenjang mahasiswa berprestasi UNY melalui beberapa tahap. Diawali seleksi berkas dan administrasi dimana mahasiswa diminta untuk mengumpulkan biodata, video profil, dokumen prestasi yang dimiliki, karya gagasan, dan persyaratan adminsitrasi lainnya. Setelah itu, seleksi berlanjut ke tahap tes psikologi dan wawancara. Pada tes tersebut mahasiswa diminta menjawab soal tes yang dimiliki. Berlanjut ke tahap tes penguasaan bahasa asing, dimana ditekankan pada Bahasa inggris. Setelah dua hari berlalu, untuk tes trakhir yang dilakukan adalah tes presentasi karya gagasan yang dinilai oleh 3 orang juri. Rizal membawakan karya terkait pemanfaatan virtual reality dan augmented reality pada bidang pengelasan.

Selanjutnya para mahasiswa berprestasi UNY akan melaju ke tahap kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat LLDIKTI V dan dipilih 3 orang untuk melaju ke tingkat nasional. (Dedy)