811 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Mengikuti Orientasi Akademik di Universitas Negeri Yogyakarta

1
min read
A- A+
read

Unit Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar orientasi akademik bagi mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang II Tahun 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 4 Desember 2023 di Performance Hall FBSB UNY.

Orientasi akademik diawali dengan laporan dari Kepala Unit PPG Dr. Suyud, M. Pd. Dalam laporannya, Dr. Suyud menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang II tahun 2023/2024 ini sejumlah 811 mahasiswa yang melakukan lapor diri. Mahasiswa ini terdiri dari 15  bidang studi dan 30 rombongan belajar, yang tersebar dari 28 propinsi dan 167 kabupaten/kota se-Indonesia.

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Direktur DPPK Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes., AIFO. Dalam sambutannya, Prof. Erwin menyampaikan harapannya kepada mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang II untuk bisa bersinergi bersama mewujudkan guru profesional yang tangguh, kreatif, dan tidak mudah putus asa dalam mendidik generasi bangsa.

"Saya berharap mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang II dapat mengikuti orientasi ini dengan baik dan serius. Orientasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada mahasiswa tentang program PPG Prajabatan," ujar Prof. Erwin.

Dalam orientasi ini, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang growth mindset,  orientasi kurikulum PPG Prajabatan, simulasi alur merdeka belajar, eksplorasi panduan PPL, strategi pembelajaran dengan dukungan LMS yakni LMS PPG dan e-Pakta. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya jawab dengan para narasumber.

Dengan adanya orientasi akademik ini, diharapkan mahasiswa baru PPG Prajabatan Gelombang II dapat lebih siap dan termotivasi untuk mengikuti program PPG Prajabatan dan menjadi guru profesional yang tangguh, kreatif, dan tidak mudah putus asa dalam mendidik generasi bangsa.

Penulis: Aziza Puspadewi Safitri
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif