5+7 Ekor Merpati Dilepaskan ke Langit Dalam Rangka Dies Natalis FIS UNY

1
min read
A- A+
read

senam bersama

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-57 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY)menggelar rangkaian acara untuk menyemarakkannya. Pada Jum’at, (19/08) semarak acara tersebut dimulai dengan Launching Dies Natalis ke 57 FIS UNY yang ditandai dengan melepaskan burung merpati putih sejumlah 5 ekor dan 7 ekor merpathi hitam sebagai simbol usia FIS UNY yang saat ini memasuki usia 57 tahun. Rangkaian acara dies natalis diawali dengan kegiatan Senam Bersama di halaman Gedung dekanat FIS UNY. Acara ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Keuangan & Umum, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama. Sejatinya Rektor sudah menjanjikan hadir, namun karena kondisi Kesehatan yang kurang fit, jadi pamit tidak bisa menghadiri, hal ini juga merupakan bentuk dukungan penuh pimpinana kepada FIS UNY untuk terus berkembang, Maju dan Gercep (Gerak Cepat) menyongsong perubahan. Selain dihadiri jajaran pimpinan UNY, Seluruh warga FIS hadir memenuhi lapangan mulai dari mahasiswa, tendik, dosen, hingga pimpinan fakultas untuk memeriahkan acara launching tersebut.

Seiring dengan semangat untuk beradaptasi di era digital, tema yang diusung dalam dies natalis kali ini adalah Membangun Sinergitas untuk Akselerasi Layanan FIS UNY di Era Digital. Selaras dengan tema ini pula, Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNY, Dr. Suhadi Purwantara, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan tentang upaya-upaya yang dilakukan FIS UNY dalam mengimplementasikan gaung tema tersebut kedepan. Salah satunya dengan peningkatan kualitas SDM pengajar dengan semakin bertambahnya guru besar yang ada di FIS UNY dan penambahan ruang kelas untuk pembukaan prodi-prodi baru di Fakultas Ilmu Sosial UNY.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan Dies Natalis FIS UNY oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A, dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan kepada hadirin bahwa untuk menciptakan lingkungan akademik diperlukan kapabilitas learn, unlearn dan relearn. Tidak hanya itu, perlu juga memastikan bahwa dosen tidak menjadi "dajjal akademik" yang ditakuti oleh mahasiswa. Dengan begitu, universitas akan siap menjadi universitas kelas dunia.

Upacara pembukaan ditandai dengan pelepasan 5 ekor merpati putih oleh jajaran pimpinan UNY dan Dekan FIS UNY, serta 7 ekor merpati hitam yang dilepaskan oleh jajaran wakil dekan, Ketua Dies Natalis ke 77 FIS UNY, Koordinator Administrasi TU FIS UNY dan rekanan atau mitra yang turut memerihakan acara ini dengan memberikan berbagai doorpirize yang menarik. Setelah pelepasan 5 ekor merpati puhi dan 7 ekor merpati hitam, dilanjutkan dengan acara senam bersama seluruh peserta yang dipandu oleh instruktur senam dari alumni FIK UNY.  Kemeriahan acara tidak hanya selesai dengan berakhirnya senam, para peserta disuguhkan berbagai hidangan yang merupakan potluck atau sumbangan makanan dari semua jurusan yang ada di FIS dan fakultas sendiri. Rasa dari kita untuk kita sangat terasa dalam acara ini. Sembari menikmati berbagai menu yang terhidang peserta juga disuguhkan hiburan musik yang akhirnya juga dilanjutkan dengan joget bersama oleh para peserta.

Selain keseruan menikamti dan mencicipi puluhan menu potluck yang tersedia, para peserta dengan antusias menunggu doorprize  yang dibagikan kepada peserta dengan 3 hadiah utama berupa sepeda gunung, televisi, sound set, dan puluhan hadiah lain. Kebersamaan dalam lcara launching dies natalis ini sangat dinanti oleh seluruh warga FIS UNY, semoga dalam usia 57 tahun ini FIS UNY akan semakin berkembang dan bersiap mendukung UNY menuju PTNBH dan universitas kelas dunia. (Sari & Afka)