PRODI PENDIDIKAN SEJARAH UNY DAN UNSIL PRESENTASIKAN HASIL PENELITIAN DAN PPM

PRODI PENDIDIKAN SEJARAH UNY DAN UNSIL PRESENTASIKAN HASIL PENELITIAN DAN PPM

Ratusan mahasiswa dan dosen dari Univeritsas Siliwangi (UNSIL) melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) baru-baru ini. Rombogan disambut oleh Dekan FIS, Kaprodi, Dosen dan mahasiswa Pendidikan Sejarah. Zulfi Miftahudin, M.Pd. mewakili rombongan dari UNSIL menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk studi banding dan sharing informasi mengenai pengelolaan jurnal, pengembangan karir dosen, hasil penelitian dan lain sebagainya.  Pada kesempatan yang sama, Dekan FIS UNY, Dr. Suhadi Purwantara, M.Si., menyambut baik kegiatan ini dan berharap forum semacam ini dapat dimanfaatkan untuk saling sharing, berdiskusi, dan berinteraksi” Ini merupakan forum yang baik untuk berinteraksi dan berdiskusi tentang pembelajaran, penelitian, publikasi jurnal, laboratorium dan kegiatan penting lainnya” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Prodi Pendidikan Sejarah UNY dan UNSIL mempresentasikan hasil penelitian dan Program Pengabdian Masyarakat (PPM). Danu Eko Agustinova, M.Pd membeberkan hasil penelitiannya berjudul  “Pengembangan Desa Wisata dan Budaya Melalui Konsep Community Based Tourism berbasis Kearifan Lokal di Era Disrupsi Industri 4.0  di Desa Sendang Sari Pajangan Bantul dalam Implementasi Penerapan Undang-Undang Keistimewaan DIY”. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran sejarah, mengetahui kualitas kelayakan produk media pembelajaran sejarah dan menganalisis efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis multimedia interaktif.

Pada kesempatan yang sama, M. Nur Rokhman, M.Pd. memaparkan penelitiannya tentang media pembelajaran Sejarah dalam bentuk Maket Kerajaan Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal antara lain pembelajaran sejarah cenderung membosankan dan kurang menarik, pembelajaran dominan dengan metode ceramah dan tanya jawab, pembelajaran sejarah cenderung verbalitis, guru jarang menggunakan media pembelajaran, guru kurang mampu mengembangkan media pembelajaran, media yang diperlukan tidak tersedia. “Dengan adanya media pembelajaran dalam bentuk maket diharapkan dapat meningkatkan antusisame siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah” jelasnya

Selain Dosen Prodi Pendidikan Sejarah UNY, Dosen Prodi Pendidikan Sejarah UNSIL juga berkesempatan memaparkan hasil penelitian dan PPM yang telah mereka lakukan yaitu Yulia Sofiani, M.Hum dan Oka Agus Kurniawan Shavab, M.Pd. PPM Yulia yang dipresentasikan dalam kesempatan tersebut berjudul “IPTEKS bagi Bina Masyarakat (IBBM)”. Yulia menjelaskan bahwa PPM berupa pelatihan untuk menghasilkan karya yang berlangsung selama 1 semester. “Adapun materi pelatihan meliputi Sejarah Tasikmalaya, Peristiwa Sejarah di Tasikmalaya, Landmark Tasikmalaya, Nama-Nama jalan di Kota Tasikmalaya, Budaya dan Tradisi Masyarakat Tasikmalaya, Kuliner Khas Tasikmalaya” imbuhnya.

Sementara itu, Oka Agus Kurniawan Shavab, M.Pd mempresentasikan penelitiannya berjudul “Kontribusi Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Group Investigation Berbantuan Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa”. Rendahnya kemampuan historis mahasiswa melatabelakangi penelitian tersebut. Oka menambahkan bahwa lemahnya kemampuan historis mahasiswa ditunjukkan oleh beberapa hal yaitu mahasiswa belum bisa menggambarkan peristiwa atau kejadian-kejadian sejarah sesuai urutan waktu terjadinya, lemahnya kemampuan menganalisis dan menginterpretasi mahasiswa, dan mahasiswa kurang mampu mencari korelasi antara materi sejarah yang satu dengan materi sejarah yang lainnya.  (Eko)