Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Bulan Desember 2021 terdapat 30,83 juta anak usia dini di Indonesia dimana pada fase ini adalah fase pertumbuhan emas bagi anak. Anak belajar dengan mengobservasi lingkungan tempat ia tumbuh. Nilai-nilai yang ditanamkan sejak dini akan membentuk karakter anak saat ia dewasa. Literasi keuangan penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk generasi cerdas finansial. Berdasarkan penelitian pemahaman literasi keuangan di sekolah masih belum maksimal dikarenakan kurangnya muatan kurikulum di sekolah oleh karena itu peran orang tua penting untuk menanamkan literasi keuangan pada anak di lingkungan keluarga. Akan tetapi kesadaran dari orang tua masih kurang dalam peran penanaman literasi keuangan. Oleh karena itu Tim Matching Fund Tele-Education Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan workshop parenting guna meningkatkan kesadaran peran keluarga dalam penanaman literasi keuangan. Proses belajar anak berbeda dengan orang dewasa oleh karena itu metode penanaman literasi keuangan perlu disesuaikan agar anak memahami substansi literasi keuangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari hingga ia dewasa. Anak lebih suka belajar sambil bermain oleh karena itu media pembelajaran perlu disesuaikan agar dapat dinikmati oleh anak-anak.
Dalam upaya peningkatan literasi keuangan anak-anak tersebut, tim peneliti dari UNY yang diketuai oleh Dr. Ratna Candra Sari, S.E., M.Si., CA., CFP. dengan beranggotakan: (1) Dr. phil. Nurhening Yuniarti, S.Pd., M.T. (2) Prof. Setyabudi Indartono, Ph.D. (3) Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak. (4) Arin Pranesti, S.Pd., M.Sc. dengan melibatkan mahasiswa yaitu Novita Nurbaiti, S.Pd., Astri Mardanik, dan beberapa mahasiswa lainnya menyelenggarakan kegiatan workshop parenting yang diikuti oleh orang tua siswa dari Sekolah Dasar di Yogyakarta. Dalam kegiatan juga hadir Ibu Pihasniwati, M.A., Psikolog selaku psikolog yang memberikan materi mengenai “Literasi Keuangan dalam Rangka Mengasuh Anak Cerdas Finansial” dan dilanjutkan pemaparan materi dari tim peneliti. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh perwakilan Generasi Cerdas Keuangan (GCK) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di UNY pada 16 Oktober 2022. Dalam workshop tersebut tim peneliti yang dibantu oleh asisten penelitian melakukan simulasi media pembelajaran yang menyenangkan berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality yang dapat dicoba secara langsung. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan khususnya untuk anak-anak.
Penulis : Afandi Fajar
Editor : Dedy