UNY Raih Medali Emas Pada Pimnas XXXVII di Surabaya

Tim PKM RE FMIPA peraih medali Pimnas

Universitas Negeri Yogyakarta meraih peringkat ke-9 dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 yang berlangsung di Universitas Airlangga Surabaya, Jumat (18/10) malam. UNY meraih penghargaan medali emas kategori presentasi dan medali perak kategori poster atas nama Tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Fakultas MIPA berjudul ‘Rekayasa Scaffold Tulang Hidroksiapatit Berbasis Kombinasi Cangkang Kerang Hijau Pena (Pema Viridis) dengan Komposit Propolis/ PVA’ serta penghargaan mahasiswa bertalenta atas nama Ivathuszalma dari program studi Fisika FMIPA UNY.

Kegiatan Pimnas tahun ini diikuti oleh 525 tim dari 118 perguruan tinggi se-Indonesia, yang terpilih dari 43.000 tim yang mendaftarkan untuk berkompetisi dalam bidang penelitian, karya inovatif, pengabdian masyarakat, karsa cipta, penerapan IPTEK, gagasan konstruktif, gagasan futuristik dan kewirausahaan. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Soni Nopembri mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih. "Ini adalah bukti nyata dedikasi dan kerja keras mahasiswa kami. Kami berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang penelitian” katanya. Tim yang membawa nama harum UNY dalam Pimnas adalah Tim PKM-RE FMIPA dimana menyabet 3 penghargaan sekaligus. Tim ini meneliti penggunaan kerang hijau sebagai penyembuhan patah tulang, yang terdiri dari Ivatuszalma, Nihadlul Munaa dan Kiky Errysza Asyifa Maida (Fisika), Firdaus Amruzain Satiranandi Wibowo (Statistika) serta Oktiana Prabawati (Biologi).

Ivatuszalma menjelaskan limbah cangkang kerang mengandung kalsium karbonat yang tinggi yaitu 95% hingga 99%, sehingga dapat digunakan sebagai sumber kalsium untuk sintesis HAp. Analisis Energy Dispersive X-Ray Fluorescence (EDXRF) menunjukkan bahwa komposisi mineral minor dalam cangkang kerang hijau adalah Ca 99,5%, Sc 0,24% dan Sr 0,47%. “Subjek dalam riset ini adalah biomaterial berbasis cangkang kerang hijau dengan komposit propolis/PVA untuk pembuatan scaffold tulang bagi penderita osteoporosis dan patah tulang” katanya. Objek dalam riset ini adalah hasil rekayasa scaffold tulang HAp yang dapat diketahui melalui karakterisasi physico chemical properties dan uji kuat tekan. Polyvinyl alcohol (PVA) merupakan salah satu jenis polimer hidrofilik. Di antara polimer yang larut dalam air, PVA adalah salah satu pilihan yang sering digunakan untuk persiapan gel. Kemampuan machinability, toksisitas rendah, kekuatan yang baik, dan kandungan air yang tinggi merupakan beberapa keuntungan dari gel PVA. Saat ini, bahan-bahan yang berbasis PVA banyak digunakan dalam industri medis, industri, dan pertanian.

Dosen pembimbing tim PKM-RE FMIPA Dr. Supardi merasa bersyukur atas raihan prestasi di ajang Pimnas. Menurutnya tim ini berhasil meraih prestasi berkat ketekunan dan semangat melakukan riset agar betul-betul memahami topik penelitian. “Saya juga meminta mereka latihan presentasi untuk melatih kemampuan berbicara menyampaikan ide di depan umum serta bisa memikat dewan juri yang disampaikan secara jelas tidak bertele-tele” ujar Supardi. Selain Supardi juga menekankan perlunya memperhatikan kriteria dan panduan untuk kompetisi serta berkolaborasi dengan seluruh tim dan mentor untuk bertukar ide, memberikan serta menerima umpan balik untuk meningkatkan riset dan presentasi. Kiat terakhir, tetap tenang, percaya diri, dan fokus selama kompetisi, percaya pada kemampuan, jangan stress dan berdoa minta pertimbangan Allah agar dimudahkan semuanya.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan event yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program BPTI untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan BPTI . PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus