MTQMN #3 UNY 2023 “Membangun Mahasiswa Intelektual Berjiwa Qur’ani Sebagai Aksi Nyata Akselerasi Peradaban Negeri”

1
min read
A- A+
read

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh Rahmat dimana semua amalan kita akan dinilai lebih oleh Allah SWT. Pada bulan Ramadhan 1444H ini, UNY mengadakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Yogyakarta yang ke-3 tahun 2023 (MTQMN UNY #3 2023) sebagai ajang silaturahmi antar mahasiswa dari Perguruan Tinggi dan meningkatkan semangat mempelajari Al-Quran serta pengetahuan tentang keislaman. MTQMN UNY #3 Tahun 2023 adalah ajang perlombaan di bidang Al-Qur’an yang memadukan antara berbagai disiplin ilmu tentang Al-Qur’an. MTQMN UNY #3 Tahun 2023 kali ini mengusung tema “Membangun Mahasiswa Intelektual Berjiwa Qur’ani Sebagai Aksi Nyata Akselerasi Peradaban Negeri”. Acara dibuka pada tanggal 1 April 2023 yang berpusat di Gedung Digital Library UNY dan peserta lomba bergabung secara daring.

Siswantoyo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya MTQMN UNY #3 Tahun 2023 adalah sebagai ajang silaturahmi antar mahasiswa dari Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia serta sebagai wadah syiar Islam untuk mendekatkan jiwa umat Islam khususnya mahasiswa kepada kitab suci Al-Qur’an dan meningkatkan semangat mempelajari serta mengamalkan Al-Qur’an. Di akhir sambutan beliau membuka acara yang diikuti oleh 1.357 Mahasiswa Peserta Musabaqah dari 111 Universitas dari 22 Provinsi di Indonesia. 

Panitia melalui melalui Hamdhan Djainudin menyampaikan bahwa MTQMN UNY #3 ini terdapat 12 kategori yang diperlombakan sebagai berikut.

  1. Musabaqah Tilawatil Qur'an (Putra/Putri) [MTQ]
  2. Musabaqah Tartilil Qur'an (Putra/Putri) [MTarQ]
  3. Musabaqah Hifdzil Qur'an (10 Juz, 20 Juz) [MHQ]
  4. Musabaqah Fahmil Qur'an [MFQ]
  5. Musabaqah Syarhil Qur’an [MSQ]
  6. Musabaqah Khaththil Qur'an (Kontemporer/Dekorasi) [MKQ]
  7. Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an [MKTIQ]
  8. Musabaqah Desain Aplikasi Al Qur'an [MDAQ]
  9. Musabaqah Debat Bahasa Inggris Kandungan Al Qur'an [MDI]
  10. Musabaqah Nasyid [MN]
  11. Musabaqah Pembacaan Sholawat Nabi [MPSN]
  12. Musabaqah Adzan [MA]

Sebelumnya peserta yg mendaftar telah mengunggah dokumen, hasil karya maupun video sesuai persayaratan melalui website yang disediakan. Selanjutnya karya, dokumen, maupun video tersebut dinilai oleh 42 juri dari praktisi dan berbagai mitra universitas serta UNY untuk masuk tahapan final yang deselenggarakan selama 2 hari (1-2 April 2023). Diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat religious mahasiswa dan sebagai syiar Al-Qur’an di lingkungan perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
 
Penulis: Sudaryono

Editor: Prasetyo

IKU