Menyongsong Era Disrupsi Secara Unggul, Kreatif Dan Inovatif

1
min read
A- A+
read

Kegiatan PKKMB Pascasarjana

Pelaksanaan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru tingkat Pascasarjana, diadakan oleh Jajaran Pascasarjana yaitu Direktur, Wakil Direktur 1 (Bagian Akademik dan Kemahasiswaan), Wakil Direktur 2 (Bagian Keuangan dan Sarpras), Koordinator Prodi, Subbag, serta Organisasi Mahasiswa KMP selaku Panitia dalam kegiatan PKKMB Pascasarjana 2021. PKKMB Pascasarjana UNY tahun ini terasa berbeda karena setelah 2 tahun dilaksanakan melalui daring, kini dilaksanakan secara luring. Direktur PPS UNY Prof. Dr. Anik Ghufron, M. Pd memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru Program Magister maupun Program Doktor di UNY. Dilanjutkan dengan pengenalan Program Pascasarjana dimulai dari jajaran Direktur, Ka Prodi, Kasubag serta Unit Pendukung.

Kemudian dilanjutkan dengan materi terkait akademik oleh Dr. Slamet Suyanto, M.Ed. mengenai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi antara lain lulusan mendapatkan pekerjaan layak, Mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus, Dosen berkegiatan di luar kampus, Praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, prodi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan prodi berstandar internasional.

Dr. Widyastuti Purbani, M.A. sebagai Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan PPs UNY juga menyampaikan harapan untuk mahasiswa baru Intake Genap 2022 bahwa gelar itu bukanlah tujuan utama dari Pascasarjana UNY namun juga bagaimana mengimplementasikan ilmu ke masyarakat, perlunya menjadi insan yang unggul kreatif dan inovatif. 

Sebelumnya, diadakan Pembekalan mahasiswa baru Pascasarjana untuk menghadapi era disrupsi secara unggul, kreatif dan inovatif, Disrupsi dalam ilmu pendidikan dan evaluasi serta Cara menghadapi semakin merebaknya online learning. Adapun mahasiswa baru juga mendapatkan bekal dari bagian Publikasi yang disampaikan oleh Prof. Erna Andriyanti, Ph.D. mengenai tips dan trik untuk menulis ilmiah. (ant)