Kerjasama dan Studi Banding Penjaminan Mutu UNJ dan FMIPA UNY

1
min read
A- A+
read

Kerjasama FMIPA dengan UNJ

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan kunjungan ke FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melakukan penandatanganan kerjasama dan benchmaking penjaminan mutu. Kunjungan dilaksanakan Kamis, 28/7/2024 di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Dekanat dan Tim Unit Penjaminan Mutu FMIPA UNY.

Dekan FMIPA, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa penjaminan mutu (penjamu) bertugas untuk mengawal pelaksanaan kegiatan akademik difakultas. Akreditasi yang menjadi ukuran kualitas suatu program studi berada di tangan tim penjaminan mutu karena tanpa bantuan tim penjamu, kita kesulitan mengawal dan menghasilkan prodi yang berkualitas di FMIPA. Harapannya dengan adanya penjaminan mutu dapat dilaksanakannya perbaikan kualitas diprogram studi dan fasilitas laboratorium, sehingga menjadi komitmen bagi kita untuk memperbaiki kualitas.”

Sementara itu Ketua Penjamu FMIPA UNY, Dr. Irwanto, S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa kedatangannya beserta rombongannya yang berjumlah 17 orang ingin belajar dengan UNY terkait penjaminan mutu, sistem di sini, sudah sejauh mana pengelolaan penjaminan mutu yang telah dilaksanakan di UNY. Ada beberapa hal yang dapat kita ambil dalam hal penyelanggaraan, Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), pengelolaan, dan sistem tentang penjaminan mutu yang lebih holistic di UNY. Harapannya, dapat kami laksanakan semuanya.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan alumni, Dr. Ali Mahmudi, M.Pd. menjelaskan bahwa penjaminan mutu di UNY, khususnya FMIPA UNY dilaksanakan mengacu pada Permendikbud No 53 Tahun 2023 terkait tentang standar pendidikan tinggi, termasuk di dalamnya terdapat Standar Nasional Pendidikan, Standar Pengabdian kepada Masyarakat, penjaminan mutu, kurikulum pendidikan tinggi.

Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd., Ketua tim Penjamu FMIPA memaparkan bahwa penjaminan mutu di UNY meliputi kegiatan penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan mutu. Selain itu juga dilakukan e-monev (sebanyak dua kali selama satu semester yaitu pada awal dan akhir semester), dan tracer study melalui sistem. Hasil rapor e-monev diunduh ada Gugus Penjaminan Mutu (GPM) prodi.  Kegiatan ini harapannya dapat menambah pengetahuan bagi UNJ untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di UNJ melalui penjaminan mutu. Semoga kualitas pendidikan di UNJ dan UNY dapat terus meningkat menjadi lebih baik. 

 

Penulis
Ratna/Witono
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia