Ikapen UNY: Pemeriksaan Kesehatan Gratis!

1
min read
A- A+
read

pemeriksaan kesehatan

Mens Sana in Corpore Sano, slogan dalam bahasa Latin itu artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maknanya, jika jiwa seseorang itu sehat, maka tubuhnya akan sehat pula. Ungkapan tersebut sejalan dengan slogan Ikatan Keluarga Pensiunan (IKAPEN) UNY: Sehat, Sehat, Sehat!

Dalam rangka Hari Ulang Tahun  (HUT) XII IKAPEN UNY itulah diselenggarakan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk warga IKAPEN. Pada awalnya, kegiatan pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin sekali dalam setahun,  yakni menjelang Dies Natalis UNY. Namun, dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut sempat terhenti selama dua tahun. Ketika pandemi sudah mulai reda, pemeriksaan kesehatan diadakan kembali, kali ini menjelang HUT XII IKAPEN UNY. Kali ini kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 12 Juni 2022, mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 07.30 WIB di Hall Rektorat UNY. Pemeriksaan kesehatan diikuti oleh 71 peserta warga IKAPEN.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan terdiri atas tiga layanan kesehatan. (1) Layanan pemeriksaan kesehatan dengan parameter sederhana, pemeriksaan kadar gula darah, yakni sebelum diambil sampel darahnya harus berpuasa selama 6-8 jam (pemeriksaan kadar asam urat dan pemeriksaan kadar kolesterol) di Ruang Rapat 1 Gedung Rektorat UNY. (2) Layanan tes kebugaran, yakni pengukuran lingkar perut, lingkar panggul, kekuatan, kelincahan, dan berjalan selama 6 menit.  Teknis pelaksanaan tes kebugaran dilakukan oleh Tim Health Sport Center (HSC) UNY yang terdiri atas Dr. dr. Prijo Sudibjo, M.Kes., Sp.S. dan Dr. Cerika Rismayanthi, M.Or. dan dibantu oleh 13 orang mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan (IKORA) FIK UNY. (3) Konsultasi dokter secara langsung bagi warga IKAPEN yang memiliki keluhan dan riwayat penyakit tertentu, yang dilayani oleh Dr. dr. R.L. Ambardini, M.Kes., dr. Novita Intan Arofah, M.P., Ph.D., dan dr. Nindya Putri Prasasya. Tim Tenaga Medis HSC UNY yang mendukung kegiatan ini masing-masing Christiana Sukarmi, AMd. Keb., Yuli Puspitasari, dan tenaga kependidikan Ririn Kustyarini, S.E.

Ketua IKAPEN UNY, Dr. Sardiman, A.M., M.Pd., menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT XII IKAPEN UNY yang  mengambil tema: Lansia Harus Sehat, Sejahtera, Bahagia. Pemeriksaan kesehatan ini dimaksudkan untuk memberikan fasilitas pengecekan kesehatan gratis kepada warga IKAPEN sebagai bentuk pengabdian dan menjalin hubungan yang harmonis, dengan harapan dapat meningkatkan kesehatan anggota. Secara rinci, tujuan pemeriksaan kesehatan ini: (1) mewujudkan rasa solidaritas antarsesama; (2) mempererat tali persaudaraan; dan (3) meningkatkan dan mewujudkan semangat kepedulian. Warga IKAPEN terlihat antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut. Mereka menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk dapat mengetahui status kesehatan mereka. Berangkat dari kolaborasi dan sinergisitas berbagai pihak, maka kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan bersamaan dengan Senam IKAPEN dan dihibur pula oleh IKAPEN PLUS Band, secara keseluruhan berlangsung sesuai rencana. (hart)