Brenchmarking Strategi Pemeringkatan Indikator Kinerja Utama UNY dan UNESA

1
min read
A- A+
read

Kunjungan Unesa

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menerima kunjungan dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk melaksanakan brenchmarking terkait strategi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi pada hari Jumat, (02/09) yang bertempat di RSU Senat UNY. UNESA hadir pada kegiatan ini diwakili oleh Ketua Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. beserta jajaranya untuk melaksanakan benchmarking serta sharing dengan UNY. Sedangkan UNY dalam kegiatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. serta jajaran Tim Pemeringkatan IKU UNY yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini untuk menjelaskan beberapa hal yang dilakukan oleh UNY dalam melaksanakan pemeringkatan IKU Perguruan Tinggi.

Indikator Kinerja Utama yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020 merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Adapun IKU ini terbagi menjadi 8 yaitu: 1) Lulusan Mendapatkan Pekerjaan yang Layak, 2) Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, 3) Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, 4) Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, 5) Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional, 6) Program Studi Bekerjasama, 7) Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, 8) Program Studi Berstandar Internasional. UNY sendiri dalam pemeringkatan IKU ini mendapatkan beberapa penghargaan yaitu di kategori IKU 3,4,8. Keberhasilan UNY dalam mendapatkan penghargaan ini tidak lepas dari kerja bersama Tim Pemeringkatan IKU UNY.

“Kami berkunjung ke UNY dalam rangka sharing mengenai IKU, terutama untuk IKU 3,4,8 karena UNY telah mendapatkan penghargaan terbaik dalam kategori tersebut” kata Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. selaku SAKIP UNESA. Menanggapi hal ini Rr. Indah Mustikawati, S.E., M.Si.,Ak sebagai Tim Pemeringkatan IKU UNY menyatakan bahwa keberhasilan UNY tidak lepas dari penerapan prinsip better and better. Selain itu UNY juga intensif mengirimkan dosen untuk dapat berkegiatan diluar kampus maupun mendatangkan praktisi untuk mengajar di kampus. Pada kesempatan ini juga berlangsung sesi diskusi mengenai berbagai strategi mengenai pencapain delapan IKU Perguruan Tinggi. Sementara itu Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes juga menekankan bahwa kegiatan semacam ini diharapkan dapat terus berlangsung, hubungan yang baik antara UNY dengan UNESA hendaknya terus dijaga. (Wahyu Arga)