HIMA PENDIDIKAN IPS UNY GELAR LOMBA CERDAS CERMAT IPS SMP/MTS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

2
min read
A- A+
read

HIMA PENDIDIKAN IPS UNY GELAR LOMBA CERDAS CERMAT IPS SMP/MTS TINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS atau HIMA DIPSOS belum lama ini telah berhasil mengadakan salah satu program kerja HIMA yaitu Lomba Cerdas Cermat atau LCC IPS SMP/MTs Tingkat Nasional Tahun 2021. LCC tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Semangat Kebangkitan Generasi Muda yang Cerdas, Kritis, dan Kreatif Menuju Pemulihan Pendidikan Humanis Dampak Pandemi COVID-19”. Kegiatan LCC IPS dilaksanakan secara daring bagi peserta dan dibagi menjadi dua kali pelaksanaan. Pertama, babak penyisihan babak semifinal dan final. LCC IPS SMP/MTs Tingkat Nasional tahun ini diikuti oleh sebanyak 97 tim dari berbagai sekolah di Indonesia.

Pada, pelaksanaan hari pertama, peserta lomba beserta guru pendamping dari masing-masing sekolah bersiap untuk melaksanakan dan mengikuti babak penyisihan, yaitu oleh peserta lomba atau siswa. Sedangkan, Bapak/Ibu Guru pendamping mengikuti kegiatan Webinar yang diisi oleh salah satu dosen Pendidikan IPS, Bapak Supardi, S.Pd., M.Pd. Sementara itu, peserta LCC dengan serius mengerjakan seluruh soal babak penyisihan menggunakan aplikasi Schoology dan Zoom sebagai kamera pengawas, karena panitia juga akan melakukan pengawasan secara daring. Namun, setelah pengerjaan soal selesai ternyata ada beberapa tim yang skornya sama, dan akhirnya mendapatkan soal tambahan untuk dikerjakan lagi sebagai penentu skor.

Sembari menunggu pengumuman, para peserta dan guru pendamping, diperbolehkan menonaktifkan kamera, istirahat dan lain-lain, tetapi dilarang untuk keluar dari zoom. Selain itu, untuk mengisi waktu luang dari panitia juga mengisi dengan hiburan yaitu penampilan menyanyi dari panitia LCC IPS. Setelah, beberapa lama kemudian, panitia mengumumkan tim sekolah yang lolos ke seleksi babak berikutnya yaitu SMPN 4 Pakem Tim 1, SMPN 3 Depok Tim 1, SMP Al Azhar Mandiri Palu Tim 1, SMPS Muhammadiyah PK Pracimantoro Tim 1, SMP Al Azhar 29 Tim 1, SMPN 5 Yogyakarta Tim 1, SMPN 1 Banjarnegara Tim 1, SMP Islam Al Azhar 14 Tim 1, SMPN 4 Pakem Tim 2, dan SMPN 1 Gondang Tim 1.

Dua minggu kemudian, acara LCC IPS Tingkat SMP/MTs Nasional dilanjutkan kembali untuk melaksanakan babak semifinal dan final. Pada babak tersebut, apabila terdapat tim yang skornya sama, maka yang menjadi penentua adalah kecepatan waktu tim dalam menjawab soal. Babak pertama, 10 tim yang lolos babak penyisihan akan mengikuti babak semifinal dengan mengerjakan soal berbentuk isian singkat melalui aplikasi Schoology dalam waktu 45 menit.  Waktu pengerjaan soal pada babak semifinal yaitu 45 menit. Pada babak semifinal dan final, guru pendamping dilarang mendampingi siswanya pada saat pengerjaan soal. Setelah waktu pengerjaan soal babak semifinal selesai, peserta lomba diperbolehkan untuk berisitirahat, sambil menunggu pengumuman dengan menyaksikan hiburan dari bintang tamu yang telah diundang panitia. Setelah, beberapa lama menunggu, panitia pun mengumkan hasil nilai peserta lomba dari pengerjaan soal babak penyisihan. Hasilnya, sekolah yang lolos ke babak final adalah SMP N 1 Gondang Tim 1,  SMP PK Muhammadiyah Pracimantoro Tim1, dan SMP Al-Azhar Mandiri Palu Tim 1. Pada babak final, ada tiga babak yaitu babak soal wajib, lemparan, dan rebutan. Sebelum mengikuti babak final ini yaitu babak soal wajib dan lemparan, tim yang lolos akan memilih tiga kode soal yaitu soal A, B, dan C. Peserta terlebih dahulu memilih kode soal A, B, atau C untuk babak soal wajib dan lemparan. Setiap tim wajib untuk menjawab soal yang diberikan pada babak soal wajib, apabila tidak mampu menjawab maka tim tersebut akan mendapat skor 0. Sedangkan, pada babak soal lemparan, jika peserta atau tim tidak bisa menjawab maka soal akan dilempar ke tim lain, dan apabila tidak ada yang bisa menjawab soal akan hangus. Pada babak final, peserta akan beradu kecepatan dalam memencet bel sebelum menjawab soal.

Pada pukul 11.30, ketiga tim telah selesai mengikuti babak final. Acara berikutnya adalah pengumuman lomba sekaligus serah terima piala dan hadiah bagi tim yang menang. LCC IPS SMP/MTs Tingkat Nasional Tahun 2021, dimenangkan oleh SMP Al-Azhar Palu sebagai juara 1, SMP Gondang sebagai juara 2, SMP Pracimantoro sebagai juara 3, SMP Al Azhar 29 Tim 1 sebagai juara harapan 1, SMP Al Azhar 14 Tim 1 sebagai juara harapan 2, dan SMP N 1 Banjarnegara Tim 1 sebagai juara harapan 3. Dengan begitu, acara Lomba Cerdas Cermat IPS SMP/MTs Tingkat Nasional Tahun 2021 telah sukses diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. (Tim LCC)