Pembimbingan Penulisan Tugas Akhir bagi Agen-Agen Perubahan Desa

1
min read
A- A+
read

"Kalian semua adalah agen-agen perubahan desa, jantungnya kabupaten adalah desa, dan mereka ini adalah jantungnya desa, jadi kalau mau merubah desa, maka harapan kamilah SDM seperti kalian inilah yang bisa merubah masa depan desa ke depannya" sepenggal kalimat sambutan dari Bapak Machmuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bojonegoro, dalam acara kuliah luring dan bimbingan teknis penulisan tugas akhir bagi mahasiswa program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Kabupaten Bojonegoro. Acara ini merupakan kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan Universitas Negeri Yogyakarta, dan berlangsung 2 hari pada Jumat-Sabtu (24-25/02) di Smart Technology Building Kabupaten Bojonegoro dan diikuti oleh mahasiswa program RPL dari beberapa departemen di FEB dan FISHIPOL.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. mengapresiasi kebijakan yang sebelumnya sudah dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dimana program RPL akan terus digulirkan ke depannya, dan bahkan akan menjembatani jika ada mahasiswa program RPL dari kabupaten Bojonegoro yang sudah atau akan lulus sarjana ingin melanjutkan ke jenjang S2 nantinya. "Hari ini kuliah umum dan bimbingan penulisan tugas akhir, dan harapannya mahasiswa RPL akan dengan cepat lulus dan dapat melanjutkan ke jenjang S2, dan seiring sejalan dapat memajukan desa masing-masing dengan program-program yang tepat guna secara lebih efektif dan efisien ke depannya" lanjut Prof. Siswantoyo.

"Pengalaman dan permasalah sehari-hari yang dihadapi dalam kepemerintahan desa, dapat diangkat dalam bentuk artikel ilmiah dan penulisan tugas akhir, karena yang paham akan permasalahan di pedesaan kan bapak ibu mahasiswa program PRL sekalian yang notabene adalah perangkat desa." Ucap Wakil Rektor bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. "Nanti pada saat pembimbingan teknis penulisan tugas akhir, bisa disampaikan gagasan-gagasan tersebut ke dosen pembimbing, agar mendapatkan arahan dan bimbingan dalam penulisannya" imbuh Profesor yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Akademik sebelumnya.

Prof. Dr. Edi Purwanta, M.Pd. selaku Wakil Rektor bidang Umum dan Sumber Daya juga turut memberikan motivasi kepada para mahasiswa program RPL, "Wakil pemerintahan dalam lingkup kecil itu ada di desa, karena sekitar 70% pembentuk negara Indonesia ini adalah desa, maka jika kita semua dapat memajukan desa, dengan SDM yang sudah dibekali dengan keilmuan yang memadai dan up to date, diharap mampu untuk menjadi agen pemberdaya desa ke depannya, saya rasa itu harapan dari Bu Bupati dan juga UNY sebagai partnernya". Tidak ketinggalan, Prof. Edi juga menjelaskan waktu yang ada untuk menuju wisuda, "Sekarang masih di bulan Februari, masih ada bulan Maret dan seterusnya sampai Agustus, dan bisa berbondong-bondong datang ke kampus UNY di Jogjakarta untuk mengikuti wisuda bersama-sama".

Acara dilanjutkan dengan secara simbolis memakaikan jaket almamater ke perwakilan mahasiswa program RPL oleh para wakil rektor, kemudian Kuliah Umum oleh Dekan FISHIPOL, dan dilanjutkan dibagi menjadi kelas-kelas kecil yang diisi oleh dosen-dosen dari FEB dan FISHIPOL. Sebanyak 200an mahasiswa program RPL secara antusias mengikuti kegiatan ini, dan dari UNY membawa rombongan yang terdiri dari Dekan FISHIPOL, 11 dosen FISHIPOL, Wakil Dekan bidang RKSIU FEB, 21 dosen FEB, serta tim teknis yang mendukung kegiatan tersebut.

Penulis: Prasetyo
Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif