Sebagai realisasi dari mata kuliah Projek Kepemimpinan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi (DPPK) mengelar kegiatan “Gelar Karya Projek Kepemimpinan PPG Prajabatan dengan tema Mewujudkan Calon Guru Profesional yang Kreatif dan Inovatif di Era Digital” di GOR UNY, Selasa (28/5) selama satu hari.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Soni Nopembri mewakili Rektor UNY berkenan membuka kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan dari kegiatan ini, nanti para mahasiswa PPG yang bisa menghasilkan karya-karya inovatif dalam bidang pengajaran pembelajaran, tentunya dapat bapak ibu nilai, terutama para tim penilai dengan sebaik-baiknya,” kata Prof. Soni dalam sambutannya.
Prof. Soni berharap agar karya yang fenomenal ini dapat dipatenkan, dan dapat bermanfaat bagi pengembangan profesi guru. “Diharapkan karya-karya mahasiswa ini bisa menjadi salah satu luaran yang unggul, terutama di bidang pendidikan, pengajaran. Dan jika memungkinkan nanti beberapa karya yang original bisa kita recognisi dengan hak kekayaan intelektual, bisa diproses di DRPM. Sehingga nantinya karya-karya ini menjadi karya monumental dari para mahasiswa untuk bisa dibawa ke sekolah ditempat mereka nanti mengabdi. Kemudian juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses bagaimana para mahasiswa bisa membangun kebersamaan, membangun satu kolaborasi diantara mereka untuk menciptakan karya inovatif yang benar benar dapat bermanfaat bagi pengembangan profesi guru sebagai target mereka untuk menjadi guru profesional,” kata Prof. Soni.
Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto selaku Direktur DPPK UNY menyampaikan bahwa gelar karya produk Kepemimpinan PPG Prajabatan ini diikuti oleh mahasiswa PPG Gelombang I semester 1 dan semester 2 Tahun Akademik 2023/2024 dengan jumlah prodi 21 yang terbagi menjadi 110 kelompok. Karena gelar produk ini merupakan aplikasi dari mata kuliah Projek Kepemimpinan, maka melibatkan tim penilai yang berjumlah 110 orang dari dosen, dan 81 orang dari guru pamong. Adapun kriteria penilaian terdiri dari konten, struktur dan organisasi, penggunaan materi visual, daya dan penyampaian, kesimpulan dan tindak lanjut.