PROF. DR. SUTRISNA WIBAWA, M.PD. PAMIT UNTUK MENGOLAH LADANG PENGABDIAN YANG BARU

2
min read
A- A+
read

PROF. DR. SUTRISNA WIBAWA, M.PD. PAMIT UNTUK MENGOLAH LADANG PENGABDIAN YANG BARU

“Perjalanan hidup manusia selalu ditandai dengan waktu dan melewati persinggahan, sebelum akhirnya sampai di ujung waktu untuk mengakhiri tugas. Tidak ada yang lebih utama, selain melakukan yang terbaik untuk memaknai anugerah waktu pada setiap persinggahan. Sungguh sebuah anugerah istimema dalam bentangan perjalanan hidup saya, hingga sampai pada tempat persinggahan istimewa pula,  yakni Universitas Negeri Yogyakarta.
Dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, saya berupaya memaknai dan memberi warna, Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai salah satu tempat persinggahan terbaik dalam hidup saya. Ucapan terima kasih sepenuh hati, kepada pribadi-pribadi istimewa, yang telah bersama-sama, memaknai dan memberi warna, UNY tercinta. Dengan penuh ketulusan, mohon maaf atas segala kekhilafan dan kesalahan,  tutur kata yang melukai, serta tindak tanduk yang menggores pikiran dan hati. Mohon doa dengan penuh keikhlasan, saya dapat meniti perjalan waktu dan persinggahan berikutnya. Seraya bermunajat dengan penuh harap, semoga  Allah Azaa Wa jalla, melimpahkan keberkahan bagi kita semua.”

Narasi dalam video PAMIT yang telah beredar di media sosial akhir-akhir ini, diputar kembali di Auditorium UNY  Jum’at (2/10). Itu ungkapan dari Prof. Dr Sutrisna Wibawa, M.Pd dalam acara Perpisahan dan Ucapan Terima Kasih Rektor UNY Periode 2017-2021.  Acara ini dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Direktur  PPs, Ketua Lembaga, Kepala BPPU, Ketua dan Anggota  Dewan Pengawas, Ketua dan Sekretaris Dewan Pertimbangan, Ketua SPI, Para Wakil Dekan dan Wakil Direktur, Kepala Biro, Para Kabag, Kasubag, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Persatuan Dharma Wanita UNY, Bapak/Ibu Dosen, Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan, Perwakilan Pengurus Ormawa, Perwakilan Mahasiswa
Rekan-rekan Wartawan. Walaupun dari berbagai elemen civitas akademik, pelaksanaan acara ini tetap dikemas secara ketat Protokol Kesehatan Covid-19.

Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. selaku Pejabat Pelaksana Tugas Rektor UNY menyampaikan sambutannya, “Selama Bapak Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd.  dilantik sebagai pimpinan UNY tertanggal 22 Maret 2017 dan sebagai Nakoda Kapal Besar UNY, banyak sekali capaian-capaian yang sangat luar yaituUNY diberi amanah sebagai perguruan tinggi Klaster 1 peringkat 10 pada tahun 2017, Klaster I peringkat 12 pada tahun 2018, Klaster 2 di peringkat 16, dan alhamdulilah pada tahun 2020 UNY kembali pada Klaster I pada peringkat 12 versi pemeringkatan kemenristekdikti yang saat ini kemendikbud dari kurang lebih 4500 perguruan tinggi di Indonesia. Di samping itu, UNY juga memiliki  Capaian yang luar biasa  di tingkat Asia Tenggara, ASIA, terkait pemeringkatan UNI Rank, QS, Webometric dan Greenmetric.”

Lebih lanjut, Margana menambahkan, “Selama Kepemimpinan Beliau, UNY telah melakukan penataan jenis pendidikan dengan 3 kategori, yakni pendidikan akademik yang terdiri atas 60 program sarjana (37 program pendidikan dan 23 program non-kependidikan), 40 program Magister dan Doktor (32 program Magister dan 8 program Doktor), 11 program Pendidikan Vokasi yang berlokasi di Kampus Wates dan kampus Gunungkidul, dan 2 program studi Profesi (PPG dan Program Profesi Insinyur). Dari 113 program studi tersebut, sudah 78 program studi yang terakreditasi A dan 39 terakreditasi internasional, yakni ASIIN, ASIC, dan AUN-QA.”

Disamping itu, “Beliau juga telah membangun Budaya Meneliti dikalangan para dosen berkolaborasi dengan mahasiswa melalu Research Group semua dosen UNY wajib Meneliti, Budaya Publikasi sampai saat ini telah memiliki 1881 artikel  di jurnal terindeks Scopus di laman Scopus dan 2099 artikel di laman Sinta dari pencapaian di tahun 2016 sebanyak 124 dengan persentase peningkatan 1.592%, Budaya HKI, Budaya Studi Lanjut ke Program Doktor, dan Budaya Naik Jabatan yang mengkaselerasi 29 Profesor selama kepemimpinan beliau  dan masih ada 32 Calon Profesor sedang proses penilaian di Jakarta. Capaian yang sangat luar biasa yang mungkin hanya dapat dicapai oleh sebagian kecil perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.”

“Capaian prestasi mahasiswa pada tahun 2017  dalam peringkat 7, 2018 pada peringkat 5, tahun 2019 pada peringkat 4, dan pada tahun 2020 berada pada peringkat 4 dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia,” imbuh Margana.

Di akhir-akhir ini, “Telah dituntaskan semua program yang disampaikan pada saat beliau menyampaikan strategi dan program pencapaian Visi dan Misi di hadapan Senat UNY 4 tahun yang lalu, di antaranya adalah Usulan PTN Berbadan Hukum yang saat ini sudah ada di Meja Mas Menteri, Integrasi S2 dan S3 ke Jurusan dan/atau Fakultas sesuai dengan amanah Statuta dan OTK UNY, Renstra 2020-2025, dan program-program lain yang menjadi pondasi UNY untuk menjadi Universitas Kelas Dunia dalam Bidang Pendidikan,” jelas Margana.

Margana juga menyampaian capaian UNY dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd.,  bahwa, “Peningkatan sarana prasarana dan pembangunan Gedung seperti Gedung IKA, Gedung Digital Library, Gedung Kuliah, Gedung Laboratorium, Gedung Kewirausahaan, dan sebagainya serta fasilitas pendukung seperti Taman Randu Alas, Taman Adi Marga, Patung Kembara yang melambangkan tekad UNY sebagai universitas yang diakui di tingkat nasional, regional, dan internasional sebagai komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik.”

Acara diakhiri dengan penyerahan tanda mata dan tali kasih untuk Sutrisna Wibawa beserta ibu. Pelaksana Tugas Rektor UNY, Margana berkenan menyerahkan tali kasih tersebut didampingi para Wakil Rektor.

Terima kasih Prof.
Selama meniti persinggahan di Universitas Negeri Yogyakarta, banyak karya, inovasi, dan prestasi yang harum mewangi di sanubari kami....
Kami bangga padamu....
Selamat melanjutkan perjalanan pada persinggahan berikutnya, semoga keberkahan dan kesehatan selalu mengiringi derap langkahmu....

(Sud).