MENGAJAK ANAK-ANAK BERKARYA SEJAK DINI

1
min read
A- A+
read

MENGAJAK ANAK-ANAK BERKARYA SEJAK DINI

Rini Fitrianingrun mengajak anak-anak dusun Banaran VII, desa Banaran, kecamatan Playen, Gunung Kidul untuk mengenal dongeng dan menulis cerita. Cerita yang ditulis oleh anak-anak tersebut kemudian dibukukan dan telah dicetak pada 28 September 2020. Dongeng yang ia bawakan di dusun Banaran VII adalah dongeng fabel.

Rini merasa pengenalan literasi dan sastra di dusun Banaran VII belum ada, sehingga ia berinisiatif mengenalkan hal tersebut, khusunya kepada anak-anak melalui program KKN yang dibuatnya. Dengan dilakukannya hal tersebut, Rini berharap anak-anak dapat mengenal dongeng.

“di dusun Banaran VIII belum ditemukan kegiatan belajar sambil bermain di luar kegiatan sekolah. Pengenalan baca tulis, khusnya dalam hal sastra khusus anak juga masih kurang. Oleh karena itu, saya tertarik untuk membentuk program kegiatan sastra anak,” ungkap Rini.

Rini juga mengatakan bahwa anak-anak sebenarnya tertarik dengan kegiatan dongeng seperti yang dilakukan Rini. Rini kemudian mengajak sekaligus mendampingi anak-anak untuk menulis cerita dongeng fabel. Setelah menulis cerita, anak-anak kemudian menunjukkan hasilnya dalam bentuk dongeng yang dilakukan dengan media wayang.

“Anak-anak mendongeng dengan yang telah disediakan, yaitu menggunakan tokoh wayang hewan sesuai dengan tokoh binatang yang mereka tuliskan dalam dongeng fabelnya,” tambahnya.

Rini merasa senang dengan kegiatan yang dilakukannya. Ia pun berharap anak-anak dapat melanjutkan kesukaannya dalam hal mendongeng dengan bekal yang sudah Rini berikan.

“Aku merasa senang bisa berbagi dengan anak-anak yang baik dan cerdas di saa (dusun Banaran VII). Kemauannya (anak-anak) untuk menerima hal baru seperti dongeng membuat saya sangat haru dan bangga terhadap mereka,” pungkasnya. [Nursaid]