Guest Lecturer FMIPA UNY Professor Jepang Bahas Mathematical Modeling Knowledge

1
min read
A- A+
read

Guest lecture dari Jepang

Departemen Pendidikan Matematika UNY menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan Professor dari Faculty of Science Nara Women’s University Jepang yaitu Professor Fugo Takasu. Kuliah tersebut berlangsung di Ruang Sidang 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY. Sejumlah 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa program magister dan doktoral mengikuti kegiatan kuliah tamu dengan antusias.

Prof. Sugiman Koorprodi S3 Pendidikan Matematika dalam opening speech menyatakan bahwa kedatangan Prof Fugo tidak hanya saat ini saja, tetapi akan berlanjut diperiode berikutnya. “Paradigma S2 dan S3 di UNY tetap merawat matematika murni dengan tujuan kita sebagai insan pendidikan matematika lebih mengetahui nantinya akan dibawa kemana kita memberikan pelajaran kepada siswa di kelas. Kegiatan ini harapannya peserta dapat terlibat aktif, mempelajari dari Prof Fugo bagaimana mengaplikasikan matematika menggunakan teknologi, mendapatkan bayak insight tentang hakikat hakikat matematika. Semoga dengan agenda ini dapat menumbuhkan iklim esensi matematika,” tutupnya.

An introduction to mathematical analysis in biology menjadi tajuk pembahasan yang di sampaikan oleh Profesor Fugo Takasu. Secara umum, paparannya menjelaskan bagaimana matematika di aplikasikan dalam bidang biologi. Secara khusus membahas tentang model matematika populasi dinamika dan aplikasi sitem dinamika pada fenomena biologi. Pembahasan lainnya adalah tentang single of population, Susceptible, Infectious, and Recovered (SIR) model, Lesli matrix, exponential mode.

Prof. Fugo Takasu berada di UNY dari tanggal 13 hingga 15 Maret. Kegiatan lainnya selain menjadi sesi dosen tamu pada mahasiswa S2 dan S3 yaitu diskusi mengenai kerja sama antara Departemen Pendidikan Matematika FMIPA UNY dengan Nara Women’s University. Kerja sama tersebut berupa short course tentang Mathematical Modelling in Biology yang rencana dilaksanakan September mendatang. Harapannya kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan insight baru kepada mahasiswa dan peserta umum tentang Mathematical Modelling.

Edi Susanto Mahasiswa S2  peserta Guest Lecturer merasa senang mendaptkan kesempatan menjadi salah satu peserta guest lecturer. “Saya senang dan bersyukur mengikuti kegiatan ini, bisa menambah ilmu. Prof Fugo menyampaikan paparan materinya dengan sangat terstruktur dan rapih. Tadi membahas tentang pemodelan yang digunakan dalam matematika dinamika populasi. Masalah yang ditemukan di kehidupan terkait dengan sains ternyata dapat dibuat suatu model matematika yang sederhana, namun hasilnya bisa dimanfaatkan sebagai dasar untuk menentukan putusan suatu kebijakan. Contohnya seperti yang di paparkan tadi yaitu tentang covid,” jelasnya.

Penulis: Debi Pranata

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus