Untuk memastikan kelancaran dan mempercepat proses pencairan Bantuan Biaya Hidup (BBH) mahasiswa pada program Magang di MSIB, data rekening yang terdaftar pada akun mahasiswa harus sudah berstatus terverifikasi.
Berikut adalah informasi terkait rekening bank untuk mendapatkan Bantuan Biaya Hidup Mahasiswa:
- Pendaftar Mahasiswa MSIB 6 wajib menggunakan Bank Mandiri. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh wilayah.
- Mahasiswa wajib menggunakan rekening atas nama pribadi dan nama rekening harus sesuai dengan data di akun MBKM
- Pastikan data Rekening Bank yang Anda isi telah sesuai. Apabila Verifikasi yang dilakukan gagal karena nama tidak sesuai, silakan upload Buku Tabungan/screenshot Bukti Kepemilikan Nomor Rekening agar dapat dilakukan verifikasi secara manual.
Berikut langkah-langkah mengisi data rekening Bank pada platform MBKM:
1. Log in ke akun Kampus Merdeka
2. Klik "Akun" jika membuka website dengan browser desktop atau klik "Akunku" jika membuka website melalui perangkat mobile phone.
3. Pada laman Akun, label ‘Perlu Dilengkapi’ hanya akan muncul jika rekening bank mahasiswa belum diverifikasi. Klik ‘Profil’ untuk bisa melakukan proses verifikasi.
4. Klik "Detail Rekening Bank". Label "Perlu Diisi" hanya akan muncul jika mahasiswa belum melakukan verifikasi rekening bank.
5. Kolom "Nama bank" dan "Nomor rekening" akan kosong jika mahasiswa belum pernah memiliki rekening bank yang didaftarkan. Sedangkan untuk mahasiswa yang sudah pernah mendaftarkan rekening, kolom akan terisi secara otomatis sesuai dengan data terakhir yang tersimpan pada sistem. Silakan isi dan cek kembali data rekening bank dengan benar.
Jika informasi rekening bank sudah sesuai, klik "Verifikasi".
Sesuai regulasi di MSIB 6, Mahasiswa peserta program di seluruh Indonesia wajib menggunakan Bank Mandiri saja. Maka itu, untuk Mahasiswa MSIB 6 mohon pastikan mengisi data rekening Bank Mandiri Anda. |
7. Apabila verifikasi berhasil, data rekening bank milik Mahasiswa akan tersimpan dan menjadi rekening yang digunakan untuk menerima pendanaan.
Jika Verifikasi Gagal
1. Jika verifikasi gagal dikarenakan rekening tidak ditemukan, harap cek kembali nomor rekening yang dimasukkan sudah sesuai atau belum. Kemudian silakan masukkan nomor rekening Anda yang sesuai dan terdaftar di Bank Mandiri.
2. Verifikasi juga akan gagal jika nama mahasiswa yang terdaftar di akun MBKM dan nama pemilik rekening tidak sama. Jika hal ini terjadi, ada 2 hal yang bisa dilakukan yaitu:
- Klik ‘Daftarkan Rekening Lain’ untuk mendaftarkan rekening di Bank Mandiri atas nama mahasiswa pribadi, atau
- ‘Upload Buku Tabungan’ untuk membuktikan bahwa mahasiswa adalah pemilik rekening. Jika Anda tidak memiliki buku tabungan, Anda dapat mengunggah foto profil m-banking Anda. Namun mohon dipastikan nama pemilik rekening dan nomor rekening terlihat jelas.
3. Klik ‘Pilih File’ untuk upload foto halaman pertama buku tabungan. Pastikan nama pemilik dan nomor rekening bank terlihat jelas pada foto. Setelah itu, lanjutkan proses unggah dengan klik ‘Upload Foto’.
4. Untuk proses verifikasi rekening akan dilakukan oleh tim verifikator. Mohon menunggu proses verifikasi selesai dan Anda akan mendapatkan informasi melalui notifikasi pada akun MBKM. Silakan cek akun Anda secara berkala.
5. Mahasiswa bisa melakukan pengecekan status verifikasi pada halaman Profil. Label status akan terpasang pada bagian Detail Rekening Bank.
- Dalam Proses: Proses verifikasi masih dilakukan, harap menunggu proses tersebut.
- Perlu Diulang: Proses verifikasi rekening mahasiswa harus diulang karena data yang tidak sesuai ketentuan.
6. Jika verifikasi harus dilakukan kembali, klik ‘Detail Rekening Bank’ dan pilih proses verifikasi yang diinginkan: ‘Upload Ulang’ foto buku tabungan atau ‘Daftarkan Rekening Lain’.
Penting Rekening yang sudah berhasil diverifikasi tidak dapat diubah. |