Program Studi S2 Pendidikan NonFormal Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY menyelenggarakan Asesmen Lapangan (AL) yang dipimpin oleh tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan ini merupakan bagian penting dari proses akreditasi guna memastikan mutu dan relevansi pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi tersebut.
Tim asesor LAMDIK yang hadir dalam asesmen ini terdiri dari Prof. Mustofa Kamil dari UPI Bandung dan Prof. Syadeli Hanafi dari Untirta Banten yang merupakan akademisi berpengalaman dalam bidang pendidikan. Kedua asesor disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Soni Nopembri beserta jajarannya di Rektorat UNY, Rabu (13/11).
Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan bahwa Program Studi S2 Pendidikan NonFormal sudah banyak menghasilkan lulusan dengan masa studi yang bagus dibawah rerata UNY. “Ini salah satu prodi yang sangat baik dengan IPK rerata 3,8” kata Soni Nopembri. Menurutnya akreditasi sudah menjadi bagian internal dan ruh dari Direktorat Penjaminan Mutu sehingga sangat diperhatikan, termasuk internasionalisasi program studi. Selain itu akreditasi bukan hanya semata branding namun juga perbaikan kualitas sehingga perlu masukan apa yang perlu diperbaiki.
Prof. Mustofa Kamil memaparkan bahwa tugasnya untuk mereview apa yang sudah ditulis dalam borang dengan harapan sesuai dengan kenyataan. “Kami harus memastikan kebenarannya karena bisa jadi lebih bagus dari apa yang dituliskan” ucapnya. Dikatakan Mustofa Kamil bahwa UNY mengalami kemajuan pesat melebihi LPTK yang lain.
Selama kegiatan AL, kedua asesor melakukan berbagai tahapan evaluasi, seperti tinjauan dokumen, wawancara dengan pimpinan fakultas dan program studi, diskusi dengan dosen serta tenaga kependidikan, dan pengumpulan masukan dari mahasiswa serta alumni. Mereka juga melakukan observasi fasilitas dan sarana pendukung yang tersedia di lingkungan program studi.
Dengan terlaksananya Asesmen Lapangan ini, diharapkan Program Studi S2 Pendidikan NonFormal Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mencetak tenaga ahli pendidikan non formal yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan.