SECERCAH HARAPAN BAGI LITERASI BACA ANAK DI DUSUN GAMOL, GAMPING

Secercah Harapan Bagi Literasi Baca Anak

Pemahaman masyarakat mengenai kemampuan baca-tulis sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat di Indonesi. Sedangkan literasi baca tulis itu sendiri menurut DIT SMP Kemendikbud-ristek dalam http://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengapa-literasi-baca-tulis-itu-penting/ Literasi baca-tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial. Melihat pentingnya hal tersebut, mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (HIMA DILOGI) menggelar program Sosiologi Mengajar (Sosmeng). Program sosmeng ini merupakan salah satu program kerja dari HIMA Pendidikan Sosiologi UNY divisi Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Mahasiswa (HMKM). Program kerja Sosiologi Mengajar berfokus pada kegiatan berupa pengabdian langsung ke masyarakat, terutama pada pengabdian bidang edukasi atau pendidikan. Sosiologi Mengajar#9 tahun 2021 ini salah satunya dilaksanakan secara luring dengan mengangkat tema besar "Meningkatkan Minat Baca" bagi anak-anak di Dusun Gamol Kelurahan Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Sosiologi Mengajar #9 diantaranya adalah kegiatan latihan membaca dan menulis mimpi; menceritakan mimpi; games yang menarik; dan beberapa kegiatan lainnya. Untuk pelaksanaan kegiatan Sosiologi Mengajar#9 ini dilaksanakan di 3 minggu di bulan Oktober yaitu Minggu,( 10, 17 & 24 /10) terjadwal setiap pukul 13.00-16.30 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari keprihatinan terhadap tingkat literasi, terutama minat baca di Indonesia tergolong yang rendah. Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang yang malas untuk membaca, kurangnya edukasi tentang pentingnya meningkatkan minat baca, serta kurangnya sarana dan suasana yang mendukung anak untuk menumbuhkan minat baca. Oleh sebab itu kegiatan Sosiologi Mengajar#9 ini mengangkat tema besar yaitu "Meningkatkan Minat Baca" bagi anak-anak di Desa Gamol. Kemudian untuk sasaran kegiatan ini ditujukkan untuk anak-anak PAUD, TK, dan SD. Harapan dari dilaksanakannya kegiatan Sosiologi Mengajar#9 ini, dengan adanya berbagai kegiatan yang mengedukasi dapat membantu meningkatkan minat baca bagi anak-anak, memotivasi anak-anak untuk rajin membaca, dan melatih ketrampilan berpikir bagi anak-anak di Desa Gamol. (Sari)