UNY BERTENGGER DI URUTAN 4 TINGKAT NASIONAL KINERJA KEMAHASISWAAN PERGURUAN TINGGI NON VOKASI

1
min read
A- A+
read

UNY BERTENGGER DI URUTAN 4 TINGKAT NASIONAL KINERJA KEMAHASISWAAN PERGURUAN TINGGI NON VOKASI

Sebuah prestasi kembali berhasil ditorehkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Kali ini prestasi dalam hal pemeringkatan kinerja bidang kemahasiswaan yang dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Dikti, Kemdikbud RI tahun 2020. UNY berhasil menempati peringkat 4 penilaian yang dilakukan melalui isian Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa) Perguruan Tinggi Non Vokasi. Pemeringkatan kemahasiswaan (SIMKATMAWA) ini merupakan acuan bagi kementerian dan PT dalam melaksanakan pelaporan kinerja dan atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan.

Pemeringkatan kemahasiswaan tersebut dilakukan guna mendorong PT untuk meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan sehingga dapat menumbuh-kembangkan prestasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa, olahraga, seni, minat khusus, bakat, kewirausahaan, dan kesejahteraan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional demi kemajuan Indonesia. Pemeringkatan kemahasiswaan juga ditunjukan untuk memotivasi PT dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan kemahasiswaan, prestasi mandiri PT dan juga keterlibatan dalam berbagai kegiatan yang diselengarakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti serta upaya untuk menginventarisir prestasiprestasi nasional maupun internasional mahasiswa.

Saat ditemui, Selasa (1/9) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. mengatakan, “Selamat dan terima kasih, atas capaian peringkat 4 nasional tentang Kinerja Kemahasiswaan UNY tingkat Perguruan Tinggi Non Vokasi. Insyaallah ke depan kita akan terus pertahankan dan tingkatkan minimal 3 besar, karena mahasiswa UNY sangat potensial untuk meraih prestasi di berbagai bidang.”

Berkaitan dengan proses yang sudah dilakukan sehingga memperoleh peringkat 4 ini, Anik menjelaskan, “tentunya kita bekerja sebaik mungkin, dari mempersiapkan diri dengan mempelajari format-format yang diminta, mengidentifikasi dokumen-dokumen yang diperlukan yang relevan dengan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa UNY. Pelaporan kegiatan kelembagaan kemahasiswaan dan prestasi-prestasi mahasiswa dilakukan secara online melalui laman http://simkatmawa.kemdikbud.go.id” Disinggung tentang strategi ke depan, “Langsung tancap gas untuk kegiatan akademik agar lebih berprestasi baik di dalam maupun di luar negeri, walaupun sekarang masa Pandemi Covid-19 kita harapkan kita tetap unggul dalam mengikuti even-even yang diadakan untuk peningkatan kinerja kemahasiswaan.”

Berdasarkan keterangan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti bahwa pelaksanaan SIMKATMAWA tahun 2020 masih sama dengan tahun sebelumnya, sedangkan untuk tahun 2021 akan menyesuaikan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dalam mendukung kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar serta melaksanakan pengembangan kegiatan kemahasiswaan di PT, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan membuat rancangan program yang dirangkai dalam bentuk hexagon bidang kemahasiswaan yang ditujukan untuk menjadi acuan PT dalam mengembangkan kegiatan kemahasiswaan. Hexagon kemahasiswaan tersebut berupa 1) pengembangan bidang penalaran dan kreativitas, 2) bidang kesejahteraan dan kewirausahaan, 3) bidang minat, bakat, dan ormawa, 4) bidang penyelarasan dan pengembangan karir, 5) bidang mental spiritual kebangsaan, dan 6) bidang internasionalisasi. Selain itu kami terus mengupayakan agar kepedulian PT terus meningkat dalam bidang kemahasiswaan oleh karena itu kami memprakasi untuk menyelenggarakan program klasterisasi dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan yang ditujukan untuk menjadi wahana bagi PT melaporkan prestasi-prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait. (Sud).