PEMBUKAAN PELATIHAN PERSIAPAN PPG BAGI GURU SD DAN SMP KABUPATEN LINGGA

1
min read
A- A+
read

Bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Pelaksana Tugas Rektor UNY, Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. membuka dan menyampaikan sambutan pada acara Pembukaan Pelatihan Persiapan PPG bagi Guru SD dan SMP Kabupaten Lingga, pada Senin pagi (2/11).  Kegiatan ini diberikan kepada para guru yang belum memiliki sertifikasi guru. Acara pembukaan dihadiri secara luring oleh Plt Rektor, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuagan, Wakil Rektor Bidang Perencanaa dan Kerjasama, Ketua Prodi PPG, Sekretaris prodi PPG, Dosen Pengampu Diklat, sedangkan untuk yang daring dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Kabid PTK Disdikpora Kab Lingg, dan Kasi PTK Disdikpora Kab Lingga, serta seluruh peserta PPG.

Dalam sambutannya Margana, mengatakan, “Terima kasih kami sampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga yang telah menjalin kerjasama dengan UNY dalam rangka penyiapan pengembangan sumber daya manusia melalui penyiapan para guru SD maupun SMP mengikuti PPG dalam Jabatan ini.” Di samping itu Margana, juga memberikan kesempatan kepada Dikpora Kabupaten Lingga untuk mengirimkan lulusan SMA untuk diberikan tempat khusus di UNY, yang pelaksanaan seleksinya akan dilaksanakan dengan sistem kerjasama, sehingga dimungkinkan ada kelas khusus.

Selanjutnya, “Mohon narasumber untuk mengawal dengan betul, pelaksanaan PPG ini, baik bagi guru SD maupun SMP, dengan harapan ketika mereka sudah masuk dalam program PPG apakah melalui daring maupun luring mereka sudah siap. Demikian juga kepada para peserta baik guru SD maupun SMP untuk mengikuti secara seksama. Setidaknya ada 4I’S yaitu ibadah, ikhlas, istiqomah, dan keempat adalah insentif kemudian S adalah masuk surga, mudah-mudahan ,” pinta Margana.

Menurut ketua panitia, Dr. Gunadi, M.Pd.  tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal bagi para guru dalam mengikuti Program PPG Guru. Pelaksanaan Pelatihan Persiapan PPG ini dilaksanakan pada Senin-Jum’at (2-6 November 2020), sedangkan jumlah jam pembelajaran sebanyak 34 jam.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring/zoom meeting yang berpusat di Ruang Sidang Utama Rektorat dan peserta dari hotel di Kabupaten Lingga. Peserta PPG terdiri dari 24 guru SD dan 16 guru SMP dari Kabupaten Lingga.

Setelah kegiatan pembukaan pelatihan persiapan PPG bagi guru SD dan SMP ini usai, selanjutnya diberikan pembekalan materi tentang “Pembelajaran heutagogy” oleh plt Rektor UNY, dan juga materi Kebijakan Umum PPG dalam jabatan oleh Drs. Suyud, M.Pd., selaku Kaprodi PPG. Sedangkan materi lain yang harus diikuti dan harus lulus meliputi Analisis Kurikulum, Pengenalan LMS, Pembahasan Konten Materi Pembelajaran, Perancangan Tugas HOTS, dan Perancangan Skenario Pembelajaran dan LKPD, serta Penelitian Tindakan Kelas. (Sud).