Ikapen UNY Peduli Bakti Sosial

1
min read
A- A+
read

kunjungan ikapen

Ikatan Keluarga Pensiunan (IKAPEN) UNY merupakan organisasi resmi yang mewadahi para pensiunan Universitas Negeri Yogyakarta. Para pensiunan dimaksud terdiri atas tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (pegawai nondosen). Di level Universitas ada IKAPEN Pusat (Universitas). Di level Fakultas ada IKAPEN Komisariat Fakultas (Fakultas Ilmu Pendidikan/FIP; Fakultas Bahasa dan Seni/FBS; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/FMIPA; Fakultas Ilmu Sosial/FIS; Fakultas Ekonomi/FE; Fakultas Teknik/FT; dan Fakultas Ilmu Keolahragaan/FIK. Sementara itu, di lingkup Kantor Tata Usaha Pusat (KTUP) ada IKAPEN Komisariat KTUP yang terdiri atas lembaga dan unit-unit di lingkungan UNY (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat/LPPM; Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan/LPMPP; Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama/BAKK; Biro Umum, Perencanaan, dan Keuangan/BUPK; Program Pascasarjana/PPs; Unit Pelaksana Teknis/UPT Perpustakaan, UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK; Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha/BPPU; dan Museum Pendidikan Indonesia/MPI. 

IKAPEN UNY Pusat yang berdiri pada 2010 awalnya mempunyai anggota 187 orang yang resmi bergabung dalam Grup WhatsApp (GWA). Jumlah tersebut belum termasuk pensiunan yang berada di IKAPEN Komisariat. Adapun kegiatan peduli dan berbagi pada awalnya terbatas pada pengurus IKAPEN UNY. Bentuknya, misalnya kepada seseorang yang sakit dan opname atau meninggal dunia akan diberi santunan. Dana tersebut dikumpulkan oleh pengurus yang mengedarkan kotak sodaqoh bersamaan dengan pelaksanaan rapat pengurus. Silaturahmi atau kunjungan kepada sesepuh IKAPEN UNY juga dilakukan dalam rangka mempererat tali silahturahmi dan ikatan kekeluargaan antarpensiunan UNY.  Kunjungan yang sudah dilaksanakan tersebut yaitu bersilaturahmi kepada Bapak Prof. Arma Abdulah, M.Sc. (14 Februari 2018),           Kunjungan IKAPEN juga dilaksanakan bersamaan dengan program bakti sosial. Bakti sosial itu dilandasi wujud kepedulian rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Menurut catatan, pada 2021 yang lalu IKAPEN UNY berbagi dengan 30 paket baksos, menjelang Lebaran membagikan sembako dan uang kepada para janda IKAPEN (Rp 10.300.000,00), bantuan kepada Panti Asuhan Yatim Putra Islam Karang Ringinharjo Bantul (Rp 2.056.000,00) dan bingkisan (seharga Rp 200.000,00) yang diterima oleh Kepala Panti Asuhan, Ustadzah Eni Harjanti. Sementara itu, pada bulan Ramadhan 2022 yang lalu IKAPEN UNY menerima infaq dan sodaqoh dari pengurus dan anggota sebesar Rp  14.450.000,00. Dana yang diwujudkan dalam bentuk sembako dan uang tersebut telah didistribusikan kepada warga IKAPEN yang berhak menerimanya pada bulan Ramadhan sejumlah 32 paket dan 5 paket berikutnya didistribusikan pasca Idul Fitri. Alhamdulillah, respon positif disampaikan oleh para pensiunan yang dikunjungi oleh IKAPEN UNY. Mereka tidak lupa mendoakan yang terbaik untuk UNY yang semula bernama IKIP Yogyakarta. (hart)