APPKOI Finalisasi Kurikulum Nasional Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

1
min read
A- A+
read

Pada Kamis (11/08) dan Jumat (12/08) telah diselenggarakan rapat koordinasi mengenai Kurikulum Nasional (Kurnas) Pendidikan kepelatihan Olahraga (PKO) yang bertempat di Hotel UNY. Hadir dalam agenda kegiatan ini, Prof. Dr. Tomoliyus, M.S. (UNY), Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. (Dewan Pakar Kepelatihan Olahraga APPKOI) (UNY), Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S. (Dewan Pakar Kepelatihan Olahraga APPKOI) (UNY), Dr. Imam Marsudi, M.Si. (Ketua Umum APPKOI) (UNESA), Dr. Suratmin, M.Or. (Sekretaris APPKOI) (UNDIKSA), Dr. Gigih Siantoro, M.Pd. (Wakil Sekretaris APPKOI) (UNESA), Dr. Haris Nugroho, M.Or. (Koordinator Bidang 4 APPKOI) (UNS), Ch. Fajar Sriwahyuniati, M.Or. (Bendahara APPKOI) (UNY), Dr. Fauzi, M.S. (Ketua Jurusan PKO FIK UNY), dan Ratna Budiari, M.Or. (Wakil Bendahara APPKOI) (UNY).

Agenda hari pertama pelaksanaan kegiatan adalah finalisasi Kurikulum Nasional Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Kurnas PKO) dan Implementasi Program Kerja APPKOI. Finalisasi Kurikulum Nasional (Kurnas) Prodi PKO di DIY merupakan tindak lanjut pertemuan APPKOI pembahasan Kurnas Prodi PKO di FIK Universitas Negeri Malang pada tanggal 16-18 Maret 2022. “Perlunya finalisasi Kurnas untuk kita pakai pada prodi PKO seluruh Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, perkuliahan, dan kompetensi lulusan agar dapat diterima di masyarakat. Kurikulum yang dirancang memiliki fleksibilitas dan relevansi, dengan harapan alumni PKO bisa menjadi profesi pelatih, konsultan olahraga, peneliti olahraga, asisten peneliti olahraga, dan ketenagakerjaan lain, seperti guru,” tutur Dr. Imam Marsudi.

Dilanjutkan pada hari kedua, dengan agenda pengsahan Kurnas PKO dilakukan oleh Bapak Ketua Umum APPKOI. Pada kesempatan tersebut Dr. Fauzi mengungkapkan rasa syukurnya atas Kurnas PKO yang sudah disepakati bersama,”nanti tinggal menyampaikan pada forum PKO se-Indonesia. Semoga setelah ini ada informasi mengenai sosialisasinya,” imbuhnya. Dr. Endang Rini Sukamti mengatakan bahwa,” Walaupun saat ini hanya perwakilan yang datang, namun Kurnas ini sudah berhasil diselesaikan di Yogyakarta. Sudah nyatakan dan disepakati tinggal nanti disosialisasikan”.

Sebagai penutup, Prof. Siswantoyo menyatakan bahwa UNY akan mendukung implementasi Kurikulum Nasional PKO dan berharap dengan adanya Kurnas PKO yang telah dibuat agar bisa berkembang hingga ke kancah internasional. (Dew)